Comscore Tracker

Luhut Janjikan 2 Juta Vaksin Mandiri dari Tiongkok Masuk RI Maret Ini

Target sampai Juli 2021 ada 20 juta vaksin mandiri

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan 2 juta vaksin Sinopharm asal Tiongkok akan masuk ke Indonesia pada Maret 2021. Ia menargetkan nantinya hingga Juli 2021 akan ada 20 juta vaksin Sinopharm.

"Pasti (masuk) 2 juta dan 3 juta harapan kita. 3 juta semua pegawai langsung vaksin bertahap. Dan April, Mei, Juni, Juli ada 15 sampai 20 juta kita pasti dapat," kata Luhut dalam acara Economic Outlook 2021 oleh CNBC Indonesia, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga: Luhut Akui Dua Juta Data Kasus COVID-19 Belum Masuk Laporan Pemerintah

1. Hasil diplomasi Indonesia ke pemerintah Tiongkok

Luhut Janjikan 2 Juta Vaksin Mandiri dari Tiongkok Masuk RI Maret IniMenko Kemaritiman Luhut Pandjaitan ketika berkunjung ke Beijing dan bertemu Menlu Wang Yi (www.xinhuanet.com)

Kesepakatan vaksin Sinopharm berawal dari pertemuan pemerintah Indonesia dengan pemerintah Tiongkok. Pada kesempatan itu, Luhut mengaku bertemu dengan Menteri Luar Negeri China yang juga Ketua Dewan Keamanan China, Wang Yi.

"Saya sampiakn kami engage dengan Sinopharm karena Sinopharm tidak masuk vaksin gratis. Ini kami alokasikan vaksin mandiri," ucap Luhut.

2. Awalnya Luhut minta 30 juta vaksin

Luhut Janjikan 2 Juta Vaksin Mandiri dari Tiongkok Masuk RI Maret Ini200 ribu dosis vaksin Sinopharm dari Tiongkok tiba di Zimbabwe, pada 15 Februari 2021. twitter.com/edmnangagwa

Dalam pertemuan itu awalnya Wang Yi menjanjikan Indonesia akan mendapat distribusi vaksin sebanyak 100 ribu di tahap awal, lalu dilanjutkan 5 juta, dan 15 juta dosis.

"Terus saya bilang 'Bisa gak kalau kamu kasih 15 dan 30 juta dan harus selesai sampai Juli'. Dia bilang oke. Tapi angka yang Anda minta tidak bisa sampai 30 juta (vaksin)," ujar Luhut.

Baca Juga: Menkes Budi Tegaskan Vaksin Mandiri Tidak untuk Bisnis

3. Pembicaraan dengan Tiongkok sempat terhambat

Luhut Janjikan 2 Juta Vaksin Mandiri dari Tiongkok Masuk RI Maret IniMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Luhut mengungkapkan awalnya pembicaraan dengan pemerintah Tiongkok sempat tertunda karena libur Tahun Baru Imlek. Pembicaraan soal vaksin baru dilanjutkan pada minggu ini.

"Vaksin mandiri kita harap jalan karena Sinopharm siap. Kami bicara, hanya karean libur Tionghoa, Gong Xi Fat Cai baru Minggu ini kami lanjut bicara," katanya.

Baca Juga: Efektivitas Vaksin COVID-19 Sinopharm Capai 79,34 Persen

Topic:

  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya