Comscore Tracker

Luhut: Oksigen Konsentrator dari Singapura Akan Datang Hari Ini

Pemerintah juga beli 36 rib ton oksigen dan generator

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sebanyak 30 unit oksigen konsentrator akan tiba di Indonesia hari ini. Puluhan ribu unit oksigen tersebut merupakan bagian dari 10.000 oksigen konsentrator yang dibeli pemerintah Indonesia dari Singapura.

“Jadi 30 unit oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10.000 unit yang dibeli Pemerintah Indonesia hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen,” kata Luhut dalam keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga: PPKM Darurat, Pasokan Oksigen ke Agen Pengecer Dikurangi

1. Pemerintah juga beli oksigen generator dan 36.000 ton oksigen

Luhut: Oksigen Konsentrator dari Singapura Akan Datang Hari IniIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Selain oksigen kosentrator, Menko Luhut memaparkan bahwa pemerintah juga akan membeli 7 unit oksigen generator dan 36.000 ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

“Jadi bukan hanya bantuan atau donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli oleh pemerintah,” ujar Luhut.

2. Bantuan alat kesehatan dari Singapura

Luhut: Oksigen Konsentrator dari Singapura Akan Datang Hari IniPara buruh bekerja di jalur perakitan untuk memproduksi ventilator di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di pabrik Vsmart Vingroup diluar Hanoi, Vietnam, Senin (3/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kham)

Bersamaan dengan datangnya 30 oksigen tersebut, datang juga bantuan alat kesehatan dari Pemerintah Singapura untuk Kementerian Luar Negeri dengan sistem Goverment to Goverment berupa 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 L.

Serta bantuan Kementerian Pertahanan Singapura untuk Kementerian Pertahanan berupa alat-alat pelindung Kesehatan yakni 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator dan perlengkapan APD termasuk masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah/APD.

3. Indonesia bakal kedatangan bantuan dari Australia

Luhut: Oksigen Konsentrator dari Singapura Akan Datang Hari Ini(Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Marise Payne) Kementerian Luar Negeri

Selain itu bantuan dari Australia juga juga dijadwalkan hadir pada hari ini dengan pesawat udara yang akan mengangkut 1.000 ventilator. Hingga minggu depan akan dijadwalkan beberapa kedatangan bantuan internasional termasuk 250.000 vaksin sinopharm bantuan negara Uni Emirate Arab.

Menteri Luar Negeri Australia, Marisa Payne, dalam pernyataan pers yang diunggah melalui akun Twitter, Rabu (7/7/2021) mengatakan memberikan bantuan luar negeri untuk penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia.

Secara lebih rinci, bantuan yang diberikan Australia terdiri dari:

  • Bantuan senilai 12 juta dolar Amerika Serikat (Rp173 miliar) untuk peralatan medis, termasuk 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, dan lebih dari 170 tabung oksigen, serta berbagai suplai medis lainnya.
  • Lebih dari 40 ribu alat uji antigen cepat.
  • 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca pada 2021.

“Dukungan Australia akan memperluas kapasitas tes cepat, mempertahankan layanan kesehatan, dan membantu fasilitas medis darurat ketika Indonesia merespons jumlah kasus yang terus meningkat,” ujar Payne.

Baca Juga: Teknik Proning Bisa Bantu Naikkan Saturasi Oksigen, Ini Caranya

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya