Comscore Tracker

Mahalnya Harga Tiket Pesawat Tidak Terlalu Pengaruhi Turis Asing

Kenapa ya kira-kira?

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwasata (Menpar) Arief Yahya menyebut polemik mahalnya harga tiket pesawat tidak terlalu berpengaruh terhadap wisatawan mancanegara (wisman).

“Memengaruhi tapi jumlahnya tidak terlalu besar, sekitar 2 sampai 3 persen aja,” kata Arief di kantornya, Jakarta, Rabu (15/5).

1. Wisatawan mancanegara masih bisa liburan, tapi tidak bisa eksplorasi Indonesia

Mahalnya Harga Tiket Pesawat Tidak Terlalu Pengaruhi Turis Asing(Turis asing yang akan meninggalkan tiga pulau Gili di Lombok pada 9 Agustus 2018) Kementerian Luar Negeri

Arief mengatakan biasanya wisman mengunjungi beberapa tempat di Indonesia. Namun karena kenaikan harga tiket pesawat, wisman tidak bisa mengeksplorasi Indonesia melainkan hanya memilih satu dua lokasi.

“Biasanya lebih dari satu destinasi sekarang tidak bisa. Itu akan mengurangi minat. Misalkan orang dari Australi mau ke Bali dan ke Jogja. Ketika dari Bali ke Jogja domestik tiketnya mahal, sedangkan dari Australi ke Bali tidak masalah, dari Singapur ke Jakarta tidak masalah,” jelasnya.

Baca Juga: Serius Garap Pariwisata, Sulsel Rilis CoE 2019

2. Destinasi di luar Jawa banyak mengalami penurunan

Mahalnya Harga Tiket Pesawat Tidak Terlalu Pengaruhi Turis AsingIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut, dampak dari kenaikan harga tiket pesawat adalah pada destinasi di luar Pulau Jawa. Untuk Labuan Bajo, Raja Ampat, Lombok, disebut mengalami penurunan yang cukup parah. Sementara Pulau Jawa, diniali relatif bertahan dari kondisi ini karena kepadatan penduduknya.

“Contoh di Jawa Timur wisnus (wisatawan nusantara) nya 50 juta, itu 70 persen pasti overland karena di dalam provinsi itu sendiri. Baru dari Jawa Tengah contohnya yang juga menggunakan kendaraan,” ujarnya.

3. Tidak akan terlalu bepengaruh pada devisa negara

Mahalnya Harga Tiket Pesawat Tidak Terlalu Pengaruhi Turis AsingIDN Times/Helmi Shemi

Arief juga mengaku tidak terlalu khawatir dengan pemasukan negara atau devisa akibat kenaikan harga tiket pesawat karena angkanya yang relatif kecil sebesar 2-3 persen, “Dan sekarang tidak ada perubahan tarif dari luar negeri ke Indonesia. Yang ada perubahan tarif di dalam negeri,” ucapnya.

Baca Juga: Menpar Yakin Tiket Pesawat Mahal Tak Pengaruhi Jumlah Pemudik

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 22:00:04

Progress: 764.197 dari 813.350 TPS (93.95672%)

Just For You