Comscore Tracker

Mau Bayar Listrik tapi Lupa Nomornya? Ini 4 Cara Cek ID Pelanggan PLN

Jangan panik, gampang kok caranya

Jakarta, IDN Times - Dahulu orang harus mengantre untuk membayar tagihan listrik. Kini, seiring perkembangan zaman PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah memberikan akses seluasnya bagi kamu para pelanggan listrik.

Baik membayar tagihan bagi pelanggan pascabayar atau membeli token listrik bagi pelanggan prabayar, semua bisa dilakukan secara online. Tinggal pilih mau melakukan transaksi melalui e-commerce, e-banking, atau berbagai platform digital lainnya.

Tapi bagaimana kalau kamu lupa nomor ID pelanggan PLN saat ingin melakukan pembayaran tagihan listrik atau pembelian token?

Jangan panik, berikut ini adalah empat cara kamu bisa mengecek IDN pelanggan PLN tanpa ribet, yuk simak.

Baca Juga: Diskon Tarif Listrik Lanjut sampai Desember 2021, Begini Cara Klaimnya

1. Mengecek dari meteran listrik

Mau Bayar Listrik tapi Lupa Nomornya? Ini 4 Cara Cek ID Pelanggan PLNIlustrasi meteran listrik, ilustrasi PLN, ilustrasi listrik (Dok. PLN)

Cara ini adalah cara yang paling mudah. Kamu tinggal lihat kotak listrik yang ada di rumah kamu. ID pelanggan PLN biasanya terletak di dekat barcode di meteran PLN. Kamu tinggal mencari 12 angka yang merupakan ID pelanggan PLN kamu, mudah bukan?

2. Cek dari struk pembayaran

Mau Bayar Listrik tapi Lupa Nomornya? Ini 4 Cara Cek ID Pelanggan PLNilustrasi listrik (IDN Times/Wayan Antara)

Kamu juga bisa loh menemukan ID pelanggan PLN melalui struk pembayaran PLN yang pernah kamu bayarkan sebelumnya. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyimpan struk pembayaran tagihan kamu ya.

Baca Juga: Sri Mulyani Perpanjang Diskon Listrik hingga Desember 2021

3. Cek ID pelanggan PLN dari website resmi

Mau Bayar Listrik tapi Lupa Nomornya? Ini 4 Cara Cek ID Pelanggan PLNIlustrasi meteran listrik, ilustrasi PLN, ilustrasi listrik (Dok. PLN)

Bagaimana seandainya jika kamu tidak di rumah dan lupa membawa struk pembayaran tagihan? Tenang, tidak usah panik. Kamu bisa mengakses situs resmi PLN di https://portal.pln.co.id/.

Untuk mengetahui ID pelanggan PLN, kamu perlu tahu nama pemilik rekening listrik yang ingin dicari tahu nomor ID pelanggannya.

Jika sudah, masukkan nama tersebut. Bila informasinya sudah muncul, kamu sebaiknya mencocokkan dulu data yang ada apakah sesuai atau tidak. Bila sudah sesuai, kamu bisa menulis nomor ID PLN yang muncul di data tersebut.

4. Menghubungi customer service PLN

Mau Bayar Listrik tapi Lupa Nomornya? Ini 4 Cara Cek ID Pelanggan PLNIlustrasi PLN (IDN Times/Arief Rahmat)

Lagi di luar, gak ada kuota internet, dan gak bawa struk pembayaran? Tenang, kamu bisa tahu ID pelanggan PLN kamu dengan menghubungi customer service PLN ke (kode area) 123.

Atau kamu bisa langsung datang ke kantor cabang PLN terdekat.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Tidak Ada Kenaikkan Tarif Listrik

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya