Comscore Tracker

Member.id Disuntik US$1,1 Juta oleh East Ventures dan Traveloka

Luna Maya gabung sebagai Managing Partner di TS Media

Jakarta, IDN Times - Perusahaan teknologi penyedia program loyalitas pelanggan dan pemasaran, Member.id, mendapat suntikan pendanaan seri A senilai 1,1 juta dolar AS dari East Ventures dengan investasi strategis dari Traveloka.

Dana tersebut akan membantu Member.id dalam meningkatkan kemampuan pembuatan konten untuk mempercepat perusahaan dalam mencapai misinya. Member.id memiliki misi mengubah lanskap program loyalitas di Indonesia dan merealisasikan visi memengaruhi perilaku konsumen, dengan tujuan memberikan dampak positif bagi bisnis dan masyarakat.

Member.id akan menggunakan pendanaan baru ini untuk meningkatkan kemampuannya dalam memproduksi konten dengan meningkatkan sumber daya, merekrut talenta baru, dan memproduksi konten digital yang lebih beragam.

Baca Juga: Bantu Perkembangan Ekonomi Digital, Triawan Munaf Gabung East Ventures

1. Lahirnya TS Media dengan bergabungnya Travel Secrets

Member.id Disuntik US$1,1 Juta oleh East Ventures dan TravelokaLogo TS Media (Dok. East Ventures)

Member.id juga mengumumkan ekspansi mereka ke dunia creator economy (ekonomi kreator) dengan bergabungnya Travel Secrets, sebuah platform konten tentang perjalanan yang dipelopori oleh Marianne Rumantir dan Luna Maya. Menyusul bergabungnya Travel Secrets, startup tersebut mendirikan TS Media, divisi baru yang akan fokus dalam produksi konten.

“Kehadiran TS Media memberikan platform bagi brand dan perusahaan untuk mengambil manfaat dari creator economy yang sedang berkempang pesat di Indonesia dengan optimal, bertumpu pada dukungan teknologi dan keahlian yang disediakan Member.id,” kata CEO dan Co-founder of Member.id, Marianne Rumantir dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2021).

2. Member.id fokus pada konsultasi strategis bisnis dan brand

Member.id Disuntik US$1,1 Juta oleh East Ventures dan TravelokaCEO Member.id Marianne Rumantir dan Managing Partner Member.id, Luna Maya dan Dimas Beck (Dok. Member.id)

Marianne mengatakan Member.id akan tetap fokus menyediakan konsultasi strategis, data analisis, dan solusi teknologi bagi bisnis dan brand dengan tujuan mendorong retensi dan kualitas dari pelanggan yang sudah ada. Ia mengklaim saat ini Member.id mampu memberikan solusi pemasaran end-to-end mulai dari awareness, aspirasi, aktivasi hingga retensi dan rekomendasi kepada klien dan brand.

“Dengan membuat konten yang berkualitas di beberapa platform digital, kami telah mengembangkan kemampuan kami, tidak hanya dalam produksi konten seputar travel, tetapi juga melebarkan sayap ke konten kuliner, olahraga, gaya hidup, kecantikan, keuangan, dan e-sports,” ujar Marianne.

Dia mengatakan mereka membuat program-program baru dengan talenta baru sehingga bisa menjangkau beragam audiens. Hal ini, menurutnya, untuk membuka kesempatan agar lebih banyak brand dari berbagai industri untuk bekerja bersama. 

3. Program Creator Economy yang akan dijalankan Member.id

Member.id Disuntik US$1,1 Juta oleh East Ventures dan TravelokaCEO Member.id Marianne Rumantir dan Managing Partner Member.id, Luna Maya (Dok. Member.id)

Sementara itu, TS Media fokus menciptakan konten yang akan meningkatkan kesadaran (awareness) dan aktivasi pelanggan, serta membantu bisnis mengakuisisi pelanggan baru.

Aktris dan entrepreneur yang memiliki lebih dari 50 juta pengikut lintas platform media sosial, Luna Maya juga bergabung Managing Partner. Luna membawa serta pengalamannya selama lebih dari 20 tahun di industri media dan hiburan.

Sementara itu, investasi strategis dari Traveloka membuka akses ke jaringan mitra usaha yang luas dan berbagai peluang bisnis baru bagi Member.id

“Pandemi telah memicu perubahan perilaku pelanggan. Mereka kini menghabiskan lebih banyak waktu mereka untuk melihat konten di media sosial. Dengan meproduksi konten tentang wisata domestik, kami bisa memberikan kontribusi besar untuk mendorong kenaikan permintaan di Traveloka. Sebaliknya, jaringan merchant dalam industri pariwisata yang luas dari Traveloka dapat menjadi sumber pandapatan baru kami. Kami percaya ini adalah kemitraan yang saling menguntungkan bagi kedua perusahaan,” kata Robert Tedja, Co-founder dan Chief Strategy Officer of Member.id

Baca Juga: East Ventures Luncurkan Gerakan Indonesia Pasti Bisa

4. Investasi strategis dari Traveloka membuka akses ke mitra

Member.id Disuntik US$1,1 Juta oleh East Ventures dan TravelokaLogo Member.id (Dok. East Ventures)

Sementara itu, investasi strategis dari Traveloka membuka akses ke jaringan mitra usaha yang luas dan berbagai peluang bisnis baru bagi Member.id. Hal ini dilakukan di tengah pandemi telah memicu perubahan perilaku pelanggan.

"Mereka kini menghabiskan lebih banyak waktu mereka untuk melihat konten di media sosial," kata Co-founder dan Chief Strategy Officer of Member.id, Robert Tedja.

Dengan meproduksi konten tentang wisata domestik, Member.id bisa memberikan kontribusi besar untuk mendorong kenaikan permintaan di Traveloka. Sebaliknya, jaringan merchant dalam industri pariwisata yang luas dari Traveloka dapat menjadi sumber pandapatan baru bagi Member.id.

"Kami percaya ini adalah kemitraan yang saling menguntungkan bagi kedua perusahaan,” kata Robert.

Sementara itu, Presiden Traveloka Group, Caesar Indra.trategi unik Member.id, yang bertumpu pada konten, membuka pintu peluang baru bagi pengguna dan mitra bisnis Traveloka di bidang travel dan gaya hidup

“Sebagai salah satu perusahaan teknologi konsumen inovatif terkemuka, Traveloka berkomitmen untuk terus memperkaya kehidupan di semua pasar tempat kami beroperasi,” kata dia. 

5. East Ventures dukung Member.id manfaatkaan tren creator economy

Member.id Disuntik US$1,1 Juta oleh East Ventures dan TravelokaLogo TS Media (Dok. East Ventures)

Creator economy sedang berkembang pesat di Indonesia, didorong oleh karakter unik masyarakatnya yang lekat dengan penggunaan perangkat seluler (mobile-first). Hal ini kemudian membuat kreator konten bermunculan, dan menarik jutaan pengikut di beragam media sosial.

Berdasarkan data dari App Annie, sepanjang 2020 rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan 5,2 jam per hari mengakses internet melalui perangkat mobile, yang merupakan rata-rata tertinggi di dunia. Setiap bulan pengguna internet di Indonesia tersurvei menghabiskan waktu rata-rata 25,9 jam di YouTube, 17 jam di Facebook, 17 jam di Instagram, dan 13,8 jam di TikTok.

“Seiring masuknya kita ke era pascapandemi, kami menyaksikan adanya perubahan pola konsumsi media di masyarakat. Salah satu tren utama saat ini adalah kelahiran creator economy, yang sekarang adalah bagian dari solusi yang ditawarkan oleh Member.id. Kami mendukung dan antusias untuk terus bekerja dengan Marianne, Robert, dan Luna dalam membangun platform ini,” kata Co-founder dan Managing Partner di East Ventures, Willson Cuaca.

“Sebagai salah satu perusahaan teknologi konsumen inovatif terkemuka, Traveloka berkomitmen untuk terus memperkaya kehidupan di semua pasar tempat kami beroperasi. Strategi unik Member.id, yang bertumpu pada konten, membuka pintu peluang baru bagi pengguna dan mitra bisnis Traveloka di bidang travel dan gaya hidup,” kata Presiden Traveloka Group, Caesar Indra.

Baca Juga: East Ventures Salurkan Rp5 Miliar untuk Produksi 50.000 Tes-Kit Corona

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya