Comscore Tracker

Nicke Widyawati, Dirut Perempuan ke-2 di Pertamina 50 Tahun Terakhir

Nicke buktikan perempuan lebih kuat dari laki-laki

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Pertamina Persero Nicke Widyawati mengakui tidak mudah menjadi perempuan yang memegang jabatan tertinggi sekelas Pertamina. Pasalnya, dalam 50 tahun terakhir, kursi tertinggi Pertamina selalu dijabat oleh laki-laki. 

Nicke menjadi perempuan nomor dua yang menjadi dirut setelah Karen Agustina menjabat pada  periode 2009-2014 lalu. 

"Iya itu tantangannya luar biasa," kata Nicke dalam wawancara program Suara Millennial by IDN Times di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (6/12).

1. Perempuan cenderung membuat batasan pada diri sendiri

Nicke Widyawati, Dirut Perempuan ke-2 di Pertamina 50 Tahun TerakhirDirektur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (IDN Times/Helmi Shemi)

Nicke mengatakan tantangan itu berasal dari kaum hawa sendiri yang menentukan apakah mereka mau memilih bekerja di bidang yang biasa diisi oleh laki-laki. Perempuan, kata Nicke membuat batasan pada dirinya sendiri untuk berkarier karena disebabkan budaya di Indonesia. 

"Itu pilihan sebetulnya, bukan baik dan benar tapi pilihan, jadi kalau memang kita ingin berkarier tanpa batas jangan membatasi diri kita. Bukan orang lain kemudian membatasi karier kita ya karena kita sendiri yang awalnya membatasi," ujarnya. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Nicke Widyawati,  Dirut Pertamina yang Baru

2. Nicke buktikan perempuan bisa memimpin perusahaan besar

Nicke Widyawati, Dirut Perempuan ke-2 di Pertamina 50 Tahun TerakhirDirektur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (IDN Times/Helmi Shemi)

Perempuan yang memulai karier di bidang perbankan ini mengatakan bahwa kaum hawa bisa memimpin perusahaan besar. Bahkan menurutnya secara fisik perempuan lebih kuat daripada laki-laki. Karena selain bekerja, perempuan kerap disibukkan mengurus rumah tangga.

"Jadi ketika di lapangan harus naik-naik ke tower tiap hari, keliling tower ya saya lakukan karena saya ingin mencoba, why not? Dan ternyata perempuan lebih kuat dari laki-laki secara fisik. Malam kita gak tidur kita bisa melakukan itu dengan tetap fokus. Kemudian kita tetap mengerjakan segala sesuatunya in paralel," katanya. 

3. Perempuan harus bekerja keras untuk membuktikan kemampuannya

Nicke Widyawati, Dirut Perempuan ke-2 di Pertamina 50 Tahun TerakhirDirektur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (IDN Times/Helmi Shemi)

Dengan berbagai tantangan, jika seorang perempuan ingin 'dipandang' dalam kariernya, maka ia harus berusaha dua kali lebih keras dari laki-laki.

"Kalau kita ingin kelihatan lebih, maka kita harus berkali-kali lipat dibanding laki-laki, tapi gak apa-apa, kita memang harus semangat aja," ucap Nicke.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb 

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Wawancara Khusus Bersama Dirut Pertamina Nicke Widyawati 

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Just For You