Comscore Tracker

Pariwisata Menggeliat, Transaksi Tiket.com Kuartal 3 Meroket 

Masyarakat sudah banyak yang berlibur di Juli-September ini

Jakarta, IDN Times - Online Travel Agent (OTA), tiket.com mencatat pertumbuhan kinerja meroket di kuartal III 2020. Mereka mencatatkan kenaikan penjualan hingga tiga kali lipat baik untuk tiket penerbangan maupun reservasi hotel.

Untuk tiket penerbangan, tiket.com mencatat penjualan meroket tiga kali lipat atau sebesar 240 persen dan reservasi hotel naik 250 persen dibandingkan kuartal II 2020.

"Pemulihan pariwisata bertumbuh seiring dengan mulai dibukanya sejumlah destinasi wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan dan optimisme masyarakat untuk kembali liburan. Hal tersebut terbukti dengan menurunnya tren refund dan reschedule," kata Co-founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa dalam konferensi daring, Senin (2/11/2020).

1. Turunnya permintaan refund dan reschedule

Pariwisata Menggeliat, Transaksi Tiket.com Kuartal 3 Meroket IDN Times/Ester Ajeng

Pada kuartal II 2020, tiket.com mencatat penurunan permintaan refund dan reschedule hingga 33 persen dibandingkan dengan kuartal I 2020. Sedangkan pada kuartal III 2020, permintaan refund dan reschedule yang tiket.com layani pun merosot 78 persen dibandingkan pada kuartal II 2020.

"Secara keseluruhan, pada kuartal III 2020, tiket.com telah menangani dan menyelesaikan 97 persen permintaan refund dan reschedule," kata Gaery.

Baca Juga: Libur Panjang, Masyarakat Sudah Lebih Pede Terbang

2. Tiket.com sambut baik kuartal IV

Pariwisata Menggeliat, Transaksi Tiket.com Kuartal 3 Meroket IDN Times/Prayugo Utomo

Gaery menyebut pihaknya antuasias menyambut kuartal IV hingga 2021 dengan adanya pemulihan sektor industri pariwisata. Terlebih dengan pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi yang menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini.

"Dengan melonjaknya angka transaksi dan jumlah pengguna di aplikasi tiket.com, serta menurunnya angka refund dan reschedule, kami sangat siap melayani semua kebutuhan masyarakat Indonesia untuk berpergian dan berlibur secara aman dan nyaman sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah," ujarnya.

3. Strategi tiket.com tingkatkan kinerja mereka di kuartal III

Pariwisata Menggeliat, Transaksi Tiket.com Kuartal 3 Meroket IDN Times/Prayugo Utomo

Ada sejumlah strategi yang dilakukan tiket.com dalam meningkatkan kinerja mereka pada kuartal III 2020. Salah satunya menghadirkan kampanye Liburan Dekat Rumah (LDR) untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat agar menjelajahi destinasi pariwisata lokal.

Selain kampanye promosi nasional, aplikasi dan situs tiket.com juga dilengkapi dengan ragam fitur yang relevan dengan situasi saat ini, yakni:

  • tiket CLEAN sebagai fitur tiket.com sebagai panduan kamu dalam memilih partner berlabel tiket CLEAN untuk hotel, jasa sewaan mobil, atau produk pariwisata lainnya, karena telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan.
  • tiket Flexi dalam aplikasi tiket.com bagi kamu yang hendak merencanakan liburan lebih awal. Sehingga tiket.com memberikan kebebasan menentukan tanggal nginep kapan saja hingga tahun 2021.
  • tiket Elite Rewards, sebuah program loyalitas sebagai wujud apresiasi yang berbentuk lebih dari sekedar poin (Tix Poins). Mencakup diskon transaksi, diskon fasilitas, layanan tambahan (add-ons) gratis, jalur layanan pelanggan khusus, serta jajaran keuntungan lainnya.
  • tiket Free Insurance sebagai asuransi perjalanan gratis dari tiket.com untuk proteksi jiwa, biaya pengobatan akibat kecelakaan, serta kompensasi bila terjadi pembatalan perjalanan.

Baca Juga: Subsidi Tiket Pesawat Picu Penyebaran COVID-19? Ini Kata Kemenhub 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya