Comscore Tracker

Pasar Minggu Kebakaran, IKAPPI Tuntut Pemprov DKI Ganti Rugi

IKAPPI juga minta Pemprov DKI data pedagang terdampak

Jakarta, IDN Times - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menuntut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan ganti rugi atas kebakaran yang terjadi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tepatnya di Blok C Pasar Minggu.

"Kami memohon kepada Pemprov DKI untuk bisa memberikan ganti rugi atas kebakaran yang terjadi pada bulan suci ini, karena memang ini adalah pukulan yang berat, duka yang mendalam di saat kami sedang melipatgandakan barang dagangan, dagangan kami terbakar," kata Ketua Umum IKAPPI Abdullah Mansuri dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: IKAPPI: Pedagang Rugi Miliaran Rupiah Akibat Kebakaran di Tanah Abang

1. Minta Pemprov DKI mendata kios terdampak kebakaran

Pasar Minggu Kebakaran, IKAPPI Tuntut Pemprov DKI Ganti RugiKebakaran di wilayah Pasar Minggu pada Senin (12/4/2021) (dok. Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta)

Selain menuntut ganti rugi, IKAPPI juga menuntut Pemprov DKI segera mungkin melakukan pendinginan dan pendataan jumlah kios dan los yang terbakar. Informasi yang didapat Abdullah, di Blok C Pasar Minggu sekitar ada 380 pedagang kios dan los yang belum tahu berapa jumlah kerugian atau jumlah yang terbakar.

"Kami mendorong agar Pemprov DKI dan PD Pasar Jaya bisa melakukan percepatan penampungan sementara, agar pedagang korban kebakaran bisa berdagang sebagaimana mestinya. Dan kami meminta agar lapak yang nanti ada itu menjadi lapak yang layak untuk ditempati para pedagang," kata Abdullah.

2. Bulan panen bagi pedagang

Pasar Minggu Kebakaran, IKAPPI Tuntut Pemprov DKI Ganti RugiIlustrasi pedagang pasar (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Abdullah mengatakan Ramadan adalah bulan panen bagi pedagang pasar. Ia menyebut pedagang sangat terpukul akibat kebakaran ini.

"Karena kita sedang menghadapi ramai-ramainya pembeli, ternyata pasar yang ada di blok C Pasar Minggu terbakar," ucapnya.

Saat ini, IKAPPI telah menerjunkan tim untuk menginvestigasi kebakaran yang terjadi.

3. Kebakaran terjadi pada Senin malam

Pasar Minggu Kebakaran, IKAPPI Tuntut Pemprov DKI Ganti RugiKebakaran di Pasar Inpes Pasar Minggu (Dok.Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta)

Pasar Inpres yang berada di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan dilanda kebakaran pada Senin, 12 April 2021 malam, jelang hari pertama puasa. Api menghanguskan sejumlah area di Blok C Pasar Minggu.

Berdasarkan laporan dari Humas Dinas Gulkarmat Mulat Wijayanto, sebanyak 30 unit mobil pemadam diturunkan ke lokasi. Ada 129 personel dikerahkan untuk memadamkan si jago merah.

Kebakaran diduga berasal dari bagian lantai bawah tanah (basement) pasar.

Baca Juga: Kebakaran di Tanah Abang, PD Pasar Jaya Sediakan Pasar Sementara

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya