Comscore Tracker

Pengamat: IHSG Diprediksi Melemah Seharian Ini 

Apa sebabnya IHSG melemah hari ini?

Jakarta, IDN Times - Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Muhammad Nafan Aji Gusta memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak melemah seharian ini.

IHSG dibuka melemah 20,6 poin ke level 6.049,7 pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini. Grafik IHSG menunjukkan pelemahan hingga 30 menit perdagangan dengan bergerak melemah sekitar 36 poin atau 0,60 persen ke level 6.037.

"Kalau dari teknikal, hari ini lebih cenderung melemah," kata Nafan kepada IDN Times, Selasa (21/9/2021).

Lalu apa sebab pelemahan IHSG hari ini?

Baca Juga: IHSG Dibuka Melemah, 5 Saham Ini Bisa Jadi Rekomendasi Cuan

1. Dominasi sentimen negatif luar negeri

Pengamat: IHSG Diprediksi Melemah Seharian Ini Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Muhammad Nafan Aji Gusta (Dok. Istimewa)

Nafan menjelaskan bahwa IHSG hari ini cenderung terdorong sentimen luar negeri daripada domestik. Salah satunya adalah investor menunggu keputusan kebijakan terbaru dari The Fed.

"Lebih sentimen luar negeri termasuk dinamika pasar menanti pengumuman The Fed, pasar juga menunggu kebijakan stimulus moneter. Saat ini market lebih banyak setimen negatif," kata Nafan memaparkan.

Baca Juga: Tips Investasi Saham dan Reksadana, Milennials Perlu Tahu

2. Sejumlah saham unggulan terdampak

Pengamat: IHSG Diprediksi Melemah Seharian Ini Ilustrasi IHSG (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Pelemahan IHSG pagi ini juga berdampak pada sejumlah saham unggulan yang ikut melemah pagi ini lebih dari 0,80 persen. Berikut daftarnya:

LQ45 melemah 0,88 persen ke level 847,328
IDX30 melemah 0,93 persen ke level 450,954
IDX80 melemah 0,68 persen ke level 121,947
IDXESGL melemah 0,84 persen ke level 124,412
IDXQ30 melemah 0,80 persen ke level 131,788

3. IHSG melemah sejak Senin pagi karena kabar PPKM dan The Fed

Pengamat: IHSG Diprediksi Melemah Seharian Ini Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Sebelumnya, pada Senin, 20 September 2021, IHSG bergerak melemah alias di zona merah seharian. Nafan mengatakan pelemahan IHSG kemarin karena 2 isu yakni info perpanjangan PPKM dan The Fed.

"Dari dalam negeri terkait dengan sentimen: investor menunggu pemerintah memutuskan perpanjangan PPKM di Jawa dan Bali. Sementara dari luar negeri terkait dengan investor menunggu keputusan kebijakan terbaru dari The Fed," katanya.

Hasilnya, IHSG ditutup melemah 56,9 poin atau 0,93 persen ke level 6.076,3.

Baca Juga: Mengenal 4 Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, Apa Saja? 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya