Comscore Tracker

Pertamina: Titik Api di Kilang Balongan Berhasil Dipadamkan 

Tapi Pertamina masih bekerja untuk pendinginan

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) menyebut seluruh titik api di Kilang Balongan Pertamina berhasil dipadamkan pada pukul 14.35 WIB. Upaya offensive firefighting secara intensif dilakukan oleh tim emergency Pertamina, sehingga berhasil memadamkan titik api pada 4 tangki T-301.

"Alhamdulillah berkat kerja tim dan dukungan berbagai pihak seluruh titik api telah padam," kata Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto dalam keterangan tertulis, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: 6 Fakta Ledakan Kilang Minyak Pertamina di Balongan, Warga Dievakuasi

1. Pertamina masih lakukan pendinginan dan pengawasan

Pertamina: Titik Api di Kilang Balongan Berhasil Dipadamkan Tim Fire Fighter menyemprotkan busa (foam) yang digunakan untuk memadamkan api pada pada kejadian insiden tangki Pertamina di Kilang Balongan RU VI, Indramayu. (Dok. Pertamina)

Agus menuturkan, tim emergency sebelumnya telah berhasil memadamkan api di T-301H pada pukul 01.30 WIB dini hari, disusul T-301E pada pukul 06.44 WIB dan tangki T-301G pada pukul 08.30 WIB.

Untuk memastikan kondisi pemadaman di seluruh tangki terdampak, Pertamina masih terus melakukan pendinginan dan pengawasan hingga seluruh titik dinyatakan aman.

"Setelah dinyatakan tidak ada potensi api akan muncul kembali, selanjutnya persiapan untuk start up pengoperasian kilang akan mulai dilakukan," ujar Agus.

Baca Juga: 5 Orang Luka Berat Imbas Kilang Minyak Pertamina di Balongan Terbakar

2. Dirut Pertamina sampaikan permohonan maaf ke warga

Pertamina: Titik Api di Kilang Balongan Berhasil Dipadamkan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. (Dok. Pertamina)

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati meminta maaf kepada warga atas insiden meledaknya tangki milik perusahaan BUMN itu di Balongan, Indramayu pada Senin (29/3/2021). Akibat ledakan dan terbakarnya tangki di RU VI itu, lima warga sekitar mengalami luka berat. Mereka kini masih dirawat di rumah sakit.

"Saya prihatin atas insiden ini dan memohon maaf kepada masyarakat. Mohon doa agar kami beserta stakeholder dapat menangani insiden ini," ujar Nicke.

3. Pertamina kehilangan produksi minyak 400 ribu barel

Pertamina: Titik Api di Kilang Balongan Berhasil Dipadamkan Kepulan asap hitam yang muncul dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina di Kilang Balongan, Indramayu yang masih terbakar (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Akibat kebakaran di tangki minyak tersebut, Perseroan kehilangan produksi minyak 400 ribu barel.

"Itu nanti akan disuplai dari kilang Cilacap dan kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI). Kilang Cilacap bisa dinaikkan produksinya sampai 300 ribu barel, sedangkan TPPI bisa sampai 500 ribu barel," kata Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Mulyono.

Namun demikian, Mulyono memastikan kilang minyak tersebut masih berfungsi normal. Sebab, yang terbakar adalah tangki di area tersebut.

"Kilangnya gak ada masalah, normal shutdown. Jadi sebenarnya begitu kebakaran ditangani, nanti kilang bisa langsung beroperasi lagi. Jadi gak ada masalah dengan kilang," tutur Mulyono.

Baca Juga: DPR Desak Pertamina Siapkan Langkah Pemulihan Kilang Balongan

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya