Comscore Tracker

Profil Pemilik Harley dan Brompton yang Diselundupkan Garuda Indonesia

Keduanya masih diperiksa Bea Cukai

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keuangan memastikan penumpang berinisial SAS dan LS sebagai pemilik motor Harley Davidson dan sepeda Brompton, yang diseludupkan dalam pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA9721. Inisial tersebut dibacakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers, Kamis (5/12).

Dalam daftar manifes penumpang penerbangan tersebut dua inisial tersebut ditemukan sebagai Satyo Adi Swandhono dan Lokadita Sedimesa Brahmana.

Berdasarkan penelusuran IDN Times, Kamis (5/12), Satyo adalah Senior Manager Aircraft Garuda Indonesia. Hal itu diketahui melalui profil LinkedIn. Namun begitu dibuka, profil LinkedIn milik Satyo tidak tersedia.

Sementara, Lokadita tidak ditemukan jejak digitalnya. Satu-satunya informasi yang berhasil temukan adalah Lokadita pemilik usaha plastik pembungkus Sarimande Metropolitan. Hal itu diketahui dari berita resmi merek seri A yang diterbitkan Direktorat Merek dan Indikasi Geografis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Maret 2019.

Baca Juga: Diselundupkan di Pesawat, Ini Daftar Onderdil Harley Davidson!

1. Satyo dan Lokadita masih diperiksa

Profil Pemilik Harley dan Brompton yang Diselundupkan Garuda IndonesiaHarley Davidson (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Saat ini, keduanya masih diperiksa Bea Cukai Kementerian Keuangan. "Penelitian yang dilakukan Bea Cukai terhadap SAW dan LS masih berlangsung hingga kini," kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan Syarif Hidayat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/12).

2. Mereka tidak menyerahkan customs declaration atau informasi lisan pada petugas pabean

Profil Pemilik Harley dan Brompton yang Diselundupkan Garuda IndonesiaMenteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Harley Davidson dan Sepeda Brompton Ilegal (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Nama Satyo tertera di claimtag 15 koli yang berisi motor Harley Davidson dalam kondisi terurai. Sedangkan, nama Lokadita tertera di claimtag 3 koli yang berisi 2 unit sepeda Brompton kondisi baru beserta aksesoris sepeda. Syarif mengatakan keduanya tidak menyerahkan customs declaration dan tidak memberitahukan secara lisan kepada petugas Bea Cukai atas barang tersebut.

3. Harley dan sepeda Brompton ditemukan di lambung pesawat

Profil Pemilik Harley dan Brompton yang Diselundupkan Garuda IndonesiaMesin Rolls Royce Trent 700 (IDN Times/Kevin Handoko)

Harley Davidson dalam kondisi terurai ditemukan Bea Cukai pada pemeriksaan sarana pengangkut atau plane zoeking terhadap pesawat Garuda Indonesia, yang datang dari pabrik Airbus di Prancis pada Minggu, 17 November 2019. Pendaratan pesawat tersebut dilakukan di hanggar PT GMF sesuai permohonan izin yang disampaikan PT Garuda Indonesia kepada Bea Cukai Soekarno Hatta.

Pendaratan di hanggar PT GMF dilakukan khusus untuk keperluan seremoni, dikarenakan pesawat tersebut bertipe baru dan belum pernah dimiliki atau dioperasikan PT Garuda Indonesia sebelumnya. Dalam permohonan izin yang disampaikan, PT Garuda Indonesia juga meminta kepada Bea Cukai melakukan proses kegiatan pemeriksaan kepabeanan pada saat pesawat tiba.

Hasil pemeriksaan Bea Cukai, di bagian kabin cockpit dan penumpang pesawat tidak ditemukan pelanggaran kepabeanan dan tidak ditemukan barang kargo lain alias sesuai dokumen cargo manifest: nil cargo.

Namun pemeriksaan di lambung pesawat atau tempat bagasi penumpang, ditemukan beberapa koper bagasi penumpang dan 18 koli, yang keseluruhannya memiliki claimtag sebagai bagasi penumpang.

"Terhadap bagasi penumpang berupa koper telah dilakukan pemeriksaan dan ditemukan barang-barang keperluan pribadi penumpang, sedangkan pemeriksaan terhadap 18 koli tersebut ditemukan 15 koli berisi spare-part motor Harley Davidson bekas dengan kondisi terurai, dan 3 koli berisi 2 unit sepeda Brompton kondisi baru beserta aksesoris sepeda," kata Syarif.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini: http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kronologi Lengkap Penyelundupan Harley dan Brompton di Pesawat Garuda

Topic:

  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Just For You