Comscore Tracker

Resmi, Indosat Ooredoo Jual 4.200 Tower ke Edge Point

Nilainya setara Rp10,88 triliun!

Jakarta, IDN Times - PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo) resmi menjual lebih dari 4.200 menara telekomunikasi mereka ke PT EPID Menara AssetCo (Edge Point Indonesia). Total kesepakatan penjualan dari 4.200 menara tersebut mencapai 750 juta dolar AS atau setara Rp10,88 triliun.

"Transaksi ini sendiri merupakan salah satu yang terbesar di Asia akan memberikan modal yang kuat untuk Indosat Ooredoo untuk melanjutkan strategi kami. Kita akan fokus pada layanan digital seluler yang luar biasa kepada pelanggan kami," kata President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama dalam konferensi pers sore ini, Selasa (30/3/2021).

Untuk diketahui, Edge Point Indonesia menjadi pemenang tender dari proses tender kompetitif yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo. Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal 2 tahun 2021.

Baca Juga: Menggiurkan, Indosat Ooredoo Tawarkan Paket 30 GB Cuma 1 Rupiah 

1. Untuk apa hasil penjualan Rp10,88 triliun tersebut?

Resmi, Indosat Ooredoo Jual 4.200 Tower ke Edge PointIlustrasi Kerja Sama (IDN Times/Mardya Shakti)

Ahmad menjelaskan ada tiga poin utama penjualan 4.200 tower ini. Pertama adalah untuk meningkatan dana sebagai persiapan investasi perusahaan. Kedua, mempercepat memberikan layanan bagi pelanggan lebih baik dan ketiga mengoptimalkan struktur modal perusahaan.

"Penjualan tersebut merupakan bagian dari strategi turnaround Indosat Ooredoo, yang telah memfokuskan kembali bisnis pada produk dan layanan digital serta berupaya menciptakan nilai yang optimal dari infrastrukturnya," paparnya.

2. Rencana panjang Indosat Ooredoo

Resmi, Indosat Ooredoo Jual 4.200 Tower ke Edge Pointindosatooredoo.com

Selain itu dengan adanya perjanjian sewa kembali, Indosat yakin akan terus memenuhi kebutuhan menara mereka yang sedang berjalan. Sementara modal yang telah mereka buka akan memberikan amunisi lebih lanjut untuk menggerakkan momentum pertumbuhan kami di tahun 2021.

"Indosat Ooredoo dan EdgePoint Indonesia akan terus bekerja sama ke depan dan membangun kerjasama strategis jangka Panjang,” ucap Ahmad.

Baca Juga: Bantu Cegah Penularan COVID-19, Indosat Ooredoo Salurkan 5 Bantuan Ini

3. Dasar pemilihan Edge Point Indonesia sebagai pemenang tender

Resmi, Indosat Ooredoo Jual 4.200 Tower ke Edge PointPT. Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo) resmi menjual lebih dari 4.200 menara telekomunikasi mereka ke PT EPID Menara AssetCo (Edge Point Indonesia).. (Dok. Indosat Ooredoo)

Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in, pada kesempatan yang sama mengatakan pemilihan Edge Point Indonesia sebagai pemenang tender dikarenakan dua faktor yakni teknikal dan komersial.

"Untuk teknikal ada beberapa yang menjadi kriterianya. Gimana mereka mengelola dan yang dikomersialkan ada dua, karena ada faktor untuk penjualan dan sewa dalam penentuan pemenang," ucapnya.

Dalam kesepakatam ini nantinya Indosat Ooredoo akan menyewa kembali menara-menara tersebut untuk jangka waktu 10 tahun untuk memenuhi persyaratan yang berlaku.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Business Berikan Dukungan pada UMKM di Tengah Pandemik

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya