Comscore Tracker

Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi IV Segera Beroperasi

Progres sudah 97 persen dan diharapkan rampung pada Oktober

Pandaan, IDN Times – Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,7 kilometer akan siap beroperasi dalam waktu dekat ini. Menurut data per 6 Oktober, proses pengerjaan ruas tol tersebut sudah mencapai 97 persen.

“Belum 100 persen karena adanya pekerjaan Ramp-4 IC Pakis. Namun hal ini tidak berpengaruh pada operasional Seksi I sampai IV," kata Pemimpin Proyek PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) Yuliana kepada IDN Times di Plaza Tol Singosari, Malang, Jawa Timur, Jumat (11/10).

Baca Juga: PT Jasa Marga Menebar Dividen Rp330,39 Miliar

1. Masih menunggu surat laik operasi

Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi IV Segera BeroperasiIDN Times/ Helmi Shemi

Yuliana mengatakan, masalah lain yang membuat ruas tol ini belum digunakan karena masih menunggu berita acara dan surat keputusan (SK) laik operasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Seksi IV menunggu berita acara sudah dilakukan uji laik 5-6 September. Perbaikan dan sebagainya sudah dilakukan, tinggal tunggu surat laik operasi dari Kementerian PUPR,” kata Yuliana.

2. Jasa Marga berharap ruas ini akan rampung pada Oktober

Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi IV Segera BeroperasiIDN Times/ Helmi Shemi

General Manager Teknik JPM M Jajuli menambahkan, Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis ini sudah mendapat rekomendasi dari Kementerian Perhubungan.

“Rekomendasi dari Kemenhub sudah keluar. Kita harap 18 Oktober Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) kita harapkan sudah mengeluarkan SK operasi,” ujar Jajuli.

3. Akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur

Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi IV Segera BeroperasiIDN Times/ Helmi Shemi

Jajuli mengatakan ada kemungkinan Ruas Tol ini tidak akan diresmikan karena ruasnya yang kecil. “Peresmian ada atau gak kita belum tahu, tinggal seremonial saja. Karena ruasnya kecil mungkin tidak ada peresmian karena ruas yang besar kemarin sudah diresmikan. Paling mungkin Gubernur saja yang meresmikan,” jelas Jajuli.

Pasalnya, Tol Pandaan- Seksi I-III dari Pandaan hingga Singosari sepanjang 30,6 Km sebelumnya telah diresmikan pada pada Senin (13/5).

Peresmian itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Malang Sutiaji, Plt Bupati Malang HM Sanusi, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf dan Direktur PT. Jasamarga Desi Arryani.

Baca Juga: Jasa Marga Perkirakan Kerugian Akibat Kerusuhan Mencapai Rp 3,4 Miliar

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar

Just For You