Comscore Tracker

Sandiaga Klaim Sudah Banyak PNS dan BUMN yang Work From Bali

Dari BUMN sampai partai politik ada yang kerja dari Bali

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengklaim sudah banyak masyarakat yang mulai menerapkan bekerja dari Bali atau program Work from Bali. Saat kunjungan ke Bali, Sandiaga mengaku bertemu dengan pegawai negeri sipil (PNS) dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Ada dari BUMN seperti PLN Telkom dan dari pelaku parekraf yang mulai Work from Bali. Malah ada parpol sudah musyawarah kerja dari Bali," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: 25 Persen ASN di Kementerian Bakal Work from Bali, Begini Skemanya

1. Harapan meningkatkan keterisian hotel di Bali

Sandiaga Klaim Sudah Banyak PNS dan BUMN yang Work From BaliPersiapan pihak hotel untuk menerima isolasi pasien COVID-19 (Dok. Kemenparekraf)

Sandiaga berharap kebijakan Work from Bali ini dapat mendongkrak tingkat keterisian hotel di Bali. Menurutnya saat ini tingkat keterisian hotel di Bali sekitar 10 persen.

"Kami di level deputi dan kabiro sudah berkegiatan dari Januari dan per hari ini kita terus merotasi kegiatan-kegiatan yang ada di Bali. Dan kementerian lain sudah mulai melaksanakan (Work from Bali)," paparnya.

2. Pembukaan pariwisata Bali sambil memantau kasus COVID-19

Sandiaga Klaim Sudah Banyak PNS dan BUMN yang Work From BaliMenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno work from Bali. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga mengungkapkan bahwa pembukaan pariwisata Bali akan dilakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Masalahnya beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia.

"Oleh karena itu, ini jadi catatan walaupun (kasus harian COVID-19) Bali di bawah 100, tapi situasi kondisi COVID-19 nasional dan global juga sangat menentukan," ujarnya.

Baca Juga: Nusa Dua Jadi Pilot Project Program Work From Bali

3. Kawasan Nusa Dua jadi pilot project Work from Bali

Sandiaga Klaim Sudah Banyak PNS dan BUMN yang Work From BaliANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Diberitakan sebelumnya, Kawasan Nusa Dua dipilih oleh pemerintah sebagai pilot project program Work from Bali (WFB). Program ini diinisiasi untuk para aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kawasan Nusa Dua menjadi pilihan sebagai pilot project karena sistem single management yang membuat kawasan tersebut lebih terkendali dan terawasi. Selanjutnya, program ini akan dikembangkan dan diimplementasikan ke kawasan-kawasan lainnya," jelas Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hermin Esti Setyowati dalam keterangan tertulis, Minggu (30/5/2021).

Ada 16 hotel di kawasan Nusa Dua yang telah siap bekerja sama dengan pemerintah untuk mendukung program WFB bagi ASN dan pegawai BUMN. Bentuk kerja sama tersebut salah satunya adalah dalam bentuk penyediaan harga akomodasi sesuai dengan pagu dari Standar Biaya Masukan (SBM) yang berlaku.

Baca Juga: Work from Bali Dinilai Bisa Kembalikan Keyakinan Publik Berkunjung

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya