Comscore Tracker

Shopee, Tokopedia dan Lazada Jadi Raja E-Commerce di Kuartal III

Kalau kamu lebih sering belanja di mana?

Jakarta, IDN Times - Tiga perusahaan e-commerce yakni Shopee, Tokopedia dan Lazada merajai persaingan e-commerce dalam kuartal III atau periode Juli-September 2020. Berdasarkan hasil riset terbaru perusahaan konsultan marketing MarkPlus, Inc., ketiga perusahaan tersebut menempati posisi tertinggi dalam beberapa kategori.

Mulai dari e-commerce yang paling diingat konsumen, yang eksis selama pandemik dalam tiga bulan terakhir, yang sering digunakan, program atau promo yang sering digunakan.

Berikut hasil survei selengkapnya.

1. Perusahaan yang paling diingat konsumen

Shopee, Tokopedia dan Lazada Jadi Raja E-Commerce di Kuartal IIILogo Shopee (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Head of High Tech, Property dan Consumer Goods Industry MarkPlus, Inc. Rhesa Dwi Prabowo mengatakan Shopee, Tokopedia, dan Lazada menempati tiga besar e-commerce yang paling melekat di ingatan konsumen. Shopee (71 persen), Tokopedia (15 persen), Lazada (8 persen). Sementara Bukalapak hanya (2 persen), Blibli dan JD.ID (1 persen).

Faktornya adalah iklan yang masif dari ketiga e-commerce tersebut di berbagai lini, mulai dari iklan TV (83 persen), iklan di website dan media sosial (73 persen) dan iklan di YouTube (70 persen).

"Shopee masif iklan di online dan dan TV. Intensitas iklan di web dan sosmed Shopee tinggi," kata Rhesa dalam pemaparan hasil survei, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: Shopee: Pajak Digital Tidak Pengaruhi Harga Barang 

2. E-commerce yang paling eksis dan akan sering digunakan

Shopee, Tokopedia dan Lazada Jadi Raja E-Commerce di Kuartal IIITangkap Layar - Survei e-commerce MarkPlus untuk kuartal III (Zoom/Markplus)

Shopee, Tokopedia, dan Lazada menjadi e-commerce yang eksis dalam tiga bulan terakhir dan paling akan sering digunakan terakhir konsumen nantinya. Untuk e-commerce yang paling eksis, Shopee menempati urutan pertama dengan 90 persen, Tokopedia 58 persen, Lazada 35 persen, Bukalapak 22 persen, Blibli 14 persen dan JD.ID 13 persen.

Shopee, Tokopedia dan Lazada juga menjadi e-commerce yang akan paling sering digunakan selama tiga bulan terakhir. Shopee (77 persen), Tokopedia (64 persen), Lazada (40 persen), Bukalapak (32 persen), JD.ID (27 persen) dan Blibli (23 persen).

"Faktor yang memengaruhi adalah karena company mereka dianggap menarik. Selain itu kenapa konsumen akan menggunakan lagi di masa mendatang adalah karena user interface dan user experience-nya," ujar Rhesa.

3. Terkait survei MarkPlus

Shopee, Tokopedia dan Lazada Jadi Raja E-Commerce di Kuartal IIIdok.IDN Times/Istimewa

Survei ini dilakukan terhadap 500 orang di kota besar dengan penetrasi internet terbesar. Namun Rhesa tidak menyebut kota mana saja. "Kota yang termasuk first, second dan third tier," katanya.

Selain itu, konsumen yang disurvei adalah mereka yang memiliki pendapatan middle income. Tidak disebutkan berapa angka pastinya, termasuk usia konsumen yang disurvei.

Baca Juga: Meski Pandemik, Produk-produk Ini Laris Manis di E-Commerce

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya