Comscore Tracker

Sri Mulyani Beberkan 3 Transaksi yang Akan Dijalankan LPI

Tiap fase ini nantinya punya perlakuan pajak yang berbeda

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan tiga transaksi yang dijalankan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) nantinya. Ketiga fase transaksi ini terkait perlakukan pajak yang ditarik oleh pemerintah.

Pertama, transaksi pada saat LPI memulai investasi atau disebut transaksi masa investasi. Kedua transaksi pada masa kepemilikian atau waktu memiliki badan usaha tersebut.

"Ketiga, transaksi saat LPI memutuskan keluar dari investasi tertentu," kata Sri Mulyani dalam rapat bersama Komisi XI DPR RI, Senin (2/1/2021).

1. Pada saat LPI melakukan investasi

Sri Mulyani Beberkan 3 Transaksi yang Akan Dijalankan LPIIDN Times/Sukma Shakti

Dalam fase pertama ini, pertama pemerintah melakukan penyertaan modal negara ke LPI sebagai investasi pusat. Selanjutnya LPI bisa melakukan akuisisi saham dari PT Y maupun PT X.

Ketiga, bersama investor luar negeri, LPI bisa membentuk infrastructure fund atau master fund dan LPI bisa melakukan inbrand saham PT Y ke infrastructure fund. Investor luar negeri belum menyetor dalam bentuk komitmen namun kemudian bisa terealisir. Investor infrastructure fund kemudian melakukan reimburs atas injeksi modal ke infrastructure fund.

"Jadi membeli saham atau LPI bisa lakukan inbrand saham di infrastructure fund dan berpartner dengan investor Luar negeri dan bentuk usaha patungan dalam bentuk PT Y," papar Sri Mulyani.

Baca Juga: Tersingkir dari Bursa Direksi LPI, Pandu Sjahrir Buka Suara

2. Pada saat LPI memiliki usaha tersebut

Sri Mulyani Beberkan 3 Transaksi yang Akan Dijalankan LPIIDN Times

Pada fase kedua ini, LPI memilki perusahaan PT Y yang kemudian menghasilkan keuntungan yang kemudian dibayarkan dalam bentuk dividen ke pemegang saham yaitu infrastructure fund.

"Kemudian infrastructure fund membayar kepada LPI dan investor yang jadi partner dari PT LPI," ucap Sri Mulyani.

3. Pada saat LPI atau investor luar negeri keluar dari investasi

Sri Mulyani Beberkan 3 Transaksi yang Akan Dijalankan LPIilustrasi investasi. IDN Times/Arief Rahmat

Pada fase ketiga ini, eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan infrastructure fund akan menjual aset PT Y tadi kepada new buyer dan hasil penjualan itu didistribusikan antara LPI dan investor lain sebagai pemilik infrastructure fund.

"Kami sampaikan ini dalam RPP pajak untuk gambarkan setiap tahap dari LPI dan bagaimana perlakuan perpajakannya," ujar Sri Mulyani.

4. Sekilas tentang LPI

Sri Mulyani Beberkan 3 Transaksi yang Akan Dijalankan LPIPresiden RI Joko Widodo Lantik Lima Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) (Dok. Biro Humas Kemenkeu)

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melantik lima anggota Dewan Pengawas LPI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021). LPI adalah lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

Susunan Dewan Pengawas LPI yang baru dilantik terdiri dari pejabat ex-officio yakni dua orang dari unsur pemerintah Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan (Menkeu) dan Erick Thohir selaku Menteri Badan Umum Milik Negara (BUMN), serta tiga anggota dari unsur profesional yakni Haryanto Sahari, Darwin Cyril Noerhadi, dan Yozua Makes.

Usai pelantikan dewan pengawas, Jokowi langsung menagih nama-nama dewan direksi yang akan memimpin Lembaga Pengelola Investasi (LPI). Saat itu, dia mewanti-wanti nama-nama direktur tersebut harus sudah ada paling lambat minggu depan.

Sejauh ini, ada tiga nama yang lolos dalam bursa dewan direksi LPI. Mereka adalah Tigor Siahaan, Ridha Dm Wirakusumah, dan Arief Budiman.

Baca Juga: SWF di 3 Negara ini Jadi Inspirasi Pembentukan LPI

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya