Comscore Tracker

Telkomsel dan IndiHome Buka Blokir Netflix dalam Hitungan Minggu

Wah, pengguna Telkomsel IndiHome makin gak sabar gak nih

Jakarta, IDN Times - Telkomsel memastikan layanan streaming Netflix akan bisa diakses oleh pengguna provider Telkomsel dan penyedia layanan internet IndiHome dalam waktu dekat ini. Meski demikian, masih belum menyebut tanggal pasti kapan pemblokiran terhadap Netflix itu akan dibuka.

"Mengutip statement yang sudah disampaikan Pak Dirut sebelumnya dalam hitungan minggu. Saya belum tahu pastinya. Kita tunggu saja ya," kata External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim, kepada IDN Times, Sabtu (13/6).

Dalam kesempatan terpisah, Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan pihaknya sedang melakukan pembicaraan serius dengan Netflix terkait kebijakan konten. Dia menyebut layanan Netflix diblokir karena alasan etik terkait konten mereka.

"Tapi sekarang kita lihat Netflix sudah banyak berubah, parent control sudah baik, banyak kerja sama dengan produsen konten lokal, takedown policy yang lebih baik. Sehingga kita sekarang serius bicara dengan Netflix menuju arah memperbolehkan pelanggan kami (mengakses) dari network Telkom Group," papar Setyanto dalam sebuah diskusi virtual pekan ini.

1. Dirut Telkom ungkapkan awal mula rencana pembukaan Netflix

Telkomsel dan IndiHome Buka Blokir Netflix dalam Hitungan MingguIlustrasi Netflix (IDN Times/Lia Hutasoit)

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa pihaknya sedang menjalin komunikasi dengan pihak Netflix untuk melihat kemungkinan pembukaan kembali layanan streaming yang diblokir itu.

"Secara bisnis kita ingin membuka (akses ke layanan streaming) Netflix. Tapi kita sadar Netflix punya beberapa kelemahan. Dalam beberapa waktu terakhir kita sedang diskusi dengan Netflix," kata Ririek dalam live Instagram bersama IDN Times, Kamis (4/6).

Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Bos Telkom Mengapa Netflix Diblokir

2. Alasan pemblokiran Netflix terkait kesesuaian konten dengan budaya Indonesia

Telkomsel dan IndiHome Buka Blokir Netflix dalam Hitungan MingguIDN Times/Tel-U

Pada kesempatan tersebut, Ririek mengatakan ada sejumlah alasan mengapa pihaknya masih memblokir layanan streaming Netflix di provider Telkomsel maupun Indihome hingga saat ini. Padahal, Telkom juga punya keinginan untuk memberikan akses ke layanan Netflix.

Alasan pertama Telkom memblokir Netflix adalah terkait perlindungan terhadap konsumennya. Selain itu, ia menyebut ada beberapa konten streaming Netflix yang dinilai belum sesuai dengan budaya Indonesia.

3. Akan ada penyesuaian konten

Telkomsel dan IndiHome Buka Blokir Netflix dalam Hitungan Minggunetflix.com

Ririek mengungkapkan salah satu diskusi yang dilakukan itu membahas soal penyesuaian konten yang diberikan oleh perusahaan asal California, Amerika Serikat (AS) tersebut. Hal itu terkait permintaan dari pihak Telkom soal konten yang dinilai tidak seusai dengan audiens Indonesia.

Bilamana Netflix telah melakukan penyesuaian kebijakan terhadap konten-kontennya, layanan streaming Netflix bakal bisa dinikmati melalui provider Telkomsel maupun Indihome.

"Ini getting closer-lah. Kalau gap ini bisa, maka akan segera kita buka (blokirnya)," tutur Ririek.

Ririek juga meminta Netflix agar bisa memprioritaskan konten dari dalam negeri. Sebab, Telkom selama ini selalu berkomitmen mendukung karya anak bangsa lewat produk yang mereka hasilkan.

Baca Juga: Kabar Baik! Telkom Buka Peluang Buka Blokir Layanan Netflix

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya