Comscore Tracker

Terbengkalai 12 Tahun, Tol Kunciran-Serpong Akhirnya Diresmikan

Nantinya JORR II diharapkan selesai pertengahan pada 2020

Jakarta, IDN Times – Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo meresmikan Jalan Tol (JT) Kunciran-Serpong yang dioperasikan PT Marga Trans Nusantara sepanjang 11,13 Km. Tol Kunciran-Serpong ini terintegrasi dalam tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang memiliki panjang keseluruhan 110,4 Km.

“Sore hari ini, alhamdulillah untuk pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan,” kata Jokowi di Gerbang Tol Parigi, Banten, Jumat (6/12).

1. Tol Kunciran-Serpong 12 tahun menganggur

Terbengkalai 12 Tahun, Tol Kunciran-Serpong Akhirnya DiresmikanIDN Times/ Helmi Shemi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan ruas tol Kunciran - Serpong ini menganggur selama 10 tahun, dan baru dimulai pembangunannya pada tahun 2017.

“Lelang pertama ruas tol ini dilakukan pada tahun 2007 dan PPJB-nya ditandatangani pada tahun 2008,” kata Basuki.

Tol ini terdiri dari dua seksi, yakni seksi Kunciran - Parigi sepanjang 6,7 Km dan Seksi II yakni Parigi - Serpong sepanjang 4,4 Km. Nilai investasi tol ini mencapai Rp4 triliun dengan masa konsesi selama 35 tahun.

“Di mana 60 persen investasi dibiayai oleh Jasa Marga dan 40 persen lainnya dibiayai oleh Grup Astra,” kata Basuki.

2. JORR II selesai pada pertengahan tahun

Terbengkalai 12 Tahun, Tol Kunciran-Serpong Akhirnya DiresmikanIDN Times/ Helmi Shemi

Jalan tol JORR II sendiri memiliki panjang keseluruhan 110,4 km serta terdiri atas enam ruas, meliputi, Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

“Jalan tol JORR II tersebut kini dalam tahap konstruksi dan sebagian besar insyaallah akan selesai pada pertengahan tahun 2020. Terutama dari daerah Cengkareng sampai dengan Cinere kami targetkan selesai pada Mei tahun 2020, sebelum Lebaran,” ujar Basuki.

3. Permudah akses masyarakat dari Banten ke Jakarta

Terbengkalai 12 Tahun, Tol Kunciran-Serpong Akhirnya DiresmikanIDN Times/ Helmi Shemi

Dalam peresmian tersebut, Jokowi juga mengatakan dengan diresmikannya tol ini, maka konektivitas dari Banten ke Jakarta akan semakin mudah dan cepat.

“Saya sering mendengar keluhan orang yang bulak balik dari Banten ke Jakarta, katanya ‘Pak kita ini bisa tua di jalan karena macet. Belum biaya yang kita keluarkan untuk BBM’. Padahal di era persaingan antar negara yang semakin sengit kecepatan akan sangat menentukan, yang cepat akan mengalahkan yang melambat,” kata Jokowi.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Tol Kunciran-Serpong Siap Beroperasi Awal Desember 2019

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar

Just For You