Comscore Tracker

Tips Menikmati Hidup Tanpa Bikin Kantong Bolong, Kamu Harus Coba!

Bahagia tidak harus boros kan

Jakarta, IDN Times - Hiburan merupakan salah satu kebutuhan hidup yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Tapi sering kali, pengeluaran untuk membahagiakan diri sendiri ini tidak terkontrol.

Perencana Keuangan Finansialku.com Rizqi Syam mengatakan, kondisi itu kerap terjadi lantaran keputusan kita yang melibatkan uang, seringkali menggunakan emosi, bukan berdasarkan logika.

"Makanya banyak pengeluaran yang berlebihan ketika bulan liburan sudah tiba," kata Rizqi Syam kepada IDN Times, Selasa (9/2/2021).

Kepada pembaca IDN Times, Rizqi membagikan tips agar kamu tetap bisa menikmati hidup tanpa bikin kantong bolong. Yuk simak!

1. Rencanakan anggarannya

Tips Menikmati Hidup Tanpa Bikin Kantong Bolong, Kamu Harus Coba!Ilustrasi pengeluaran, rupiah, uang (IDN Times/Shemi)

Baca Juga: Tips Hemat Menghadapi Banyak Godaan Promo 

Ketika kamu sudah menentukan apa yang akan menjadi hiburanmu, maka rencanakan anggarannya. Katakan saja kamu memilih berlibur ke suatu tempat maupun destinasi wisata sebagai hiburanmu. Maka selanjutnya adalah merencanakan anggarannya.

Rencanakan dengan baik biaya-biaya apa saja yang harus dilakukan untuk liburanmu. Hal ini penting dilakukan agar arus kas kita bisa tetap dikelola dengan sehat dan baik. 

"Kalau budget berlibur sudah ditetapkan tidak ada penyesalan ketika kita mengeluarkan uang untuk berlibur," ucapnya.

2. Pertimbangkan dulu bila ingin berlangganan layanan streaming

Tips Menikmati Hidup Tanpa Bikin Kantong Bolong, Kamu Harus Coba!Ilustrasi Netflix (IDN Times/Lia Hutasoit)

Untuk menghibur diri tidak selalu harus bepergian. Kamu bisa juga melakukannya di rumah, salah satunya menikmati layanan streaming musik maupun film. Pilihannya banyak, mulai dari Netflix, Disney+, Spotify hingga YouTube Premium. 

Namun, Rizqi menyarankan agar kamu melakukan uji coba dari layanan streaming tersebut sebelum berlangganan. Hal ini untuk memastikan bahwa hiburan yang kamu pilih itu benar-benar bermanfaat atau tidak.

"Tidak usah berlangganan jika tidak sering digunakan," tutur Rizqi.

3. Cek penawaran yang diberikan

Tips Menikmati Hidup Tanpa Bikin Kantong Bolong, Kamu Harus Coba!dmedmedia.disney.com

Selanjutnya, kamu harus cek penawaran yang diberikan oleh layanan streaming tersebut. Biasanya, kata Rizqi, beberapa aplikasi menawarkan harga yang lebih murah dengan berlangganan selama 1 tahun. Tidak jarang juga aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan pilihan berlangganan untuk keluarga yang lebih murah.

"Terakhir lihat apakah bisa dibayar dengan poin kartu kredit yang kamu miliki atau poin pembayaran lain," ujarnya.

4. Bayar dengan return investasi yang kita punya

Tips Menikmati Hidup Tanpa Bikin Kantong Bolong, Kamu Harus Coba!Ilustrasi Investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Semua orang pasti mau kalau dikasih gratis. Persoalannya, hampir semua yang ada di dunia ini tidak didapat secara gratis dan instan, termasuk untuk menikmati layanan streaming premium.

Namun, bukan tidak mungkin hal itu dilakukan. Caranya adalah dengan menggunakan return atau hasil dari investasi yang sudah kamu lakukan.

Sebagai contoh, biaya berlangganan pada sebuah layanan streaming film A mencapai Rp500 ribu per bulan. Kamu perlu membayar tagihan tersebut lewat hasil investasimu. 

Kamu bisa melakukannya dengan cara mencari instrumen investasi yang memberikan imbal hasil 6 persen per tahun atau 0,5 persen per bulan. Selanjutnya, investasikan uangmu senilai Rp100 juta. Maka, dalam setahun kamu akan menerima imbal hasil senilai Rp6 juta atau setara biaya berlanggananmu selama setahun.

"Jadi kita sudah dapat menikmati entertainment secara gratis dari hasil
return investasi saja," katanya.

Namun demikian, Rizqi menyarankan agar menggunakan imbal hasil dari investasi untuk hal yang produktif. Sehingga dampaknya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Tips Investasi Saham untuk Biaya Pendidikan Anak, Kamu Harus Coba!

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya