Comscore Tracker

Waspada 4 Hal Ini saat Bulan Puasa Biar Gak Boros!

Jangan sampai badan makin berisi tapi dompet gak berisi~

Jakarta, IDN Times - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan di mana umat Islam akan menjalankan puasa sebulan penuh. Bulan penuh berkah ini harusnya kita bisa lebih berhemat karena hanya makan saat buka puasa dan sahur.

Tapi kok banyak di antara kita yang mengeluhkan malah semakin boros ya?

"Ini banyak yang mengalami 'Kok konsumsi dan berat badan saya malah naik?'. Padahal puasa bagus untuk detoks kesehatan," kata Ekonom PT Bank Central Asia Tbk, David Sumual saat dihubungi IDN Times.

Kira-kira kenapa ya kita malah boros saat bulan puasa?

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasa

1. Banyak acara buka puasa bersama

Waspada 4 Hal Ini saat Bulan Puasa Biar Gak Boros!Pixabay.com/skeeze

Gak bisa kamu hindari deh, teman atau bahkan kamu sendiri mengajak buka puasa bersama kan? Dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, rekan kerja, keluarga, geng terdekat kamu, komunitas dan lain sebagainya.

"Ini yang buat tingkat konsumsi meningkat. Karena ada silaturahim juga saling ketemu," kata David.

2. Belanja pulsa dan ongkos transportasi

Waspada 4 Hal Ini saat Bulan Puasa Biar Gak Boros!Ilustrasi startup (IDN Times/Umi Kalsum)

Karena undangan buka puasa yang banyak ini kamu pasti mengeluarkan uang lebih untuk menghubungi kolega atau kerabat kamu. Belum lagi untuk ongkos kamu menuju tempat buka puasa bersama.

"Kita harus keluar ongkos transportasi, pembuat acara juga harus keluar biaya seperti acara keluarga. Kan ada keluarga, profesi, macam-macam. Ini yang meningkatkan belanja sampai Lebaran," ujar David.

Baca Juga: Tips Merencanakan Keuangan untuk Kamu yang Mau Nikah Muda

3. Karena gengsi, semua harus serba baru

Waspada 4 Hal Ini saat Bulan Puasa Biar Gak Boros!koinworks.com

Di bulan puasa, meski kamu sudah dapat tunjangan hari raya (THR) kamu jadi boros nih sama pakaian yang harus serba baru. Kalau kamu sudah punya rumah, biasanya perlu biaya untuk renovasi rumah untuk menyambut tamu yang datang saat Lebaran.

"Rumah harus dicat baru, banyak yang melakukan renovasi juga. Lalu pakaian, kan sebenarnya bisa dipakai lagi untuk tahun berikutnya. Ini lebih karena budaya sih, jadi perlu baru semua," papar David.

4. Awas inflasi!

Waspada 4 Hal Ini saat Bulan Puasa Biar Gak Boros!Ilustrasi Inflasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Karena permintaan yang semakin besar, harga-harga barang saat bulan puasa hingga jelang lebaran akan mengalami kenaikan. Apalagi barang-barang yang biasa kita konsumsi seperti makanan dan pakaian.

"(Pemborosan) ini pengaruh sama inflasi tiap bulan puasa. Ekonomi kita porsi terbesarnya sekitar 57 persen sektor konsumsi, ketika jelang lebaran konsumsi kita meningkat pertumbuhanya," ucap David.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan Saat Bulan Puasa

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya