Comscore Tracker

Winston Utomo Ungkap 3 Cara Perusahaan Media Bisa Maju 

CEO IDN Media bahas soal gap informasi dan distribusi konten

Jakarta, IDN Times - Founder dan CEO IDN Media, Winston Utomo mengungkapkan tiga cara perusahaan media bisa berkembang di Indonesia. Menurut Winston, Indonesia mendapat berkah dari potensi internet yang ada.

"Kita sangat beruntung di Indonesia, ada 250 juta pengguna internet user dan perkembangan serta penetrasi internet sangat cepat. Banyak kesempatan bagus di Indonesia untuk perusahaan media dan konten kalau mereka mau bersaing dan berkembang," kata Winston dalam acara Wild Digital Indonesia 2021, Kamis (9/9/2021).

Lalu, apa saja tiga cara bagaimana perusahaan media bisa berkembang di Indonesia?

Baca Juga: Wild Digital Indonesia Edisi Keempat Hadir di Tanah Air

1. Hiperlokalisasi perlu dilakukan karena ada kesenjangan informasi

Winston Utomo Ungkap 3 Cara  Perusahaan Media Bisa Maju Ilustrasi laptop (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Winston mengatakan di Indonesia terjadi kesenjangan informasi. Sebagai contoh, 90 persen konten yang diproduksi media menyangkut soal Jakarta. Padahal populasi masyarakat yang tinggal di Jakarta hanya sekitar 10 persen penduduk Indonesia.

"Jadi ada gap informasi di sini. Banyak orang di Indonesia yang butuh konten dengan kualitas bagus. Jadi kami coba memproduksi konten sebaik mungkin di Indonesia," katanya.

Untuk mengatasi kesenjangan informasi itu, IDN Media kini mengembangkan biro-biro perwakilan di berbagai daerah di Indonesia dalam sistem hyperlocal. Dengan demikian, arus informasi tidak hanya terpusat pada peristiwa-peristiwa di kota Jakarta saja, tetapi juga dapat meliputi perkembangan di daerah lainnya.

Baca Juga: CEO IDN Media, Winston Utomo: Mimpi dan Harapan untuk Indonesia 

2. Pendekatan berbasis ekosistem sangat diperlukan

Winston Utomo Ungkap 3 Cara  Perusahaan Media Bisa Maju Founder dan CEO IDN Media, Winston Utomo di acara Wild Digital Indonesia 2021. (IDN Times/Shemi)

Cara kedua bagaimana perusahaan media bisa berkembang di Indonesia adalah dengan pendekatan ekosistem. IDN Media, kata Winston ingin membuat one stop platform content. Dengan cara ini, media bisa saling berkolaborasi dan cross selling.

"Jadi menurut kami pendekatan ekosistem adalah yang tepat buat kami untuk menumbuhkan dan memenangkan persaingan di Indonesia," katanya.

Baca Juga: CEO IDN Media, Winston Utomo: Sempat Rombak Total Model Bisnis

3. Fokus membangun saluran distribusi konten

Winston Utomo Ungkap 3 Cara  Perusahaan Media Bisa Maju Kantor IDN Media di Jakarta (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Winston mengatakan pada 10-20 tahun lalu perusahaan media tidak hanya mengembangkan konten tapi juga mengontrol distribusi konten mereka. Namun kini, menurutnya, media hanya berfokus pada pengembangan konten saja. Dia menenakan konten memang penting, tapi saluran distribusi konten itu sendiri tidak kalah penting.

"Pembuatan konten tanpa distribusi artinya tidak sustainable dan kita harus bergantung pada banyak platform. Jadi saya percaya untuk memenangkan dan membangun perusahan media yang sustainable, kita harus fokus membangun platform distribusi konten yang dapat dapat diandalkan," ujarnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya