Comscore Tracker

Wishnutama Kembali Duduk di Kursi Komisaris Tokopedia

Ia sempat melepas jabatan ini ketika jadi Menparekraf

Jakarta, IDN Times - Perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia, kembali menunjuk mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020, Wishnutama Kusubandio sebagai komisaris.

“Tokopedia percaya, pengalaman kepemimpinan dan kreativitas Mas Tama (sapaan Wishnutama) akan memberikan nilai tambah tersendiri, baik untuk para pemimpin di Tokopedia, institusi secara menyeluruh, hingga percepatan terwujudnya misi besar Tokopedia untuk Indonesia,” kata Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya dalam keterangan tertulis, Senin (8/2/2021).

1. Janji Wishnutama untuk Tokopedia

Wishnutama Kembali Duduk di Kursi Komisaris Tokopedia(Tokopedia) www.tokopedia.com

Setelah diangkat kembali menjadi komisaris, Tama mengapresiasi misi Tokopedia dalam melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital. Terutama di sisi pemberdayaan UMKM lokal yang berkaitan erat dengan kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan membagi pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan,” katanya.

Baca Juga: Satu Tahun Wishnutama Jabat Menparekraf, Ini 5 Hal yang Jadi Sorotan

2. Wishnutama mundur pada 22 Oktober 2019 saat ditunjuk menjadi Menparekraf

Wishnutama Kembali Duduk di Kursi Komisaris TokopediaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memberikan sambutan lewat teleconference saat penyerahan santunan masyarakat terdampak pembangunan di lahan zona otorita Danau Toba. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Setelah ditunjuk menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo Oktober 2019 lalu, mencuat kabar yang menyebut Tama masih menjadi komisaris di Tokopedia. Namun ia langsung membantah kabar tersebut.

"Pada tanggal 21 Oktober saat saya diminta untuk jadi Menteri sore itu dan besoknya saya langsung mengundurkan diri dari semua jabatan swasta sesuai peraturan yang ada," ujar Tama kepada IDN Times, Senin (18/5/2020).

Vice President of Corporate Communications Nuraini Razak membenarkan Tama pernah menjabat salah satu komisaris di Tokopedia. Namun, dia memastikan Tama telah mengundurkan diri sejak 21 Oktober 2019.

"Iya betul pernah menjabat, tapi sudah tidak (lagi). Pak Wishnutama telah mengundurkan diri pada tanggal 21 Oktober 2019, sebelum Bapak Wishnutama dilantik sebagai pejabat publik, effective immediately hari itu juga," terang Nuraini kepada IDN Times.

3. Perjalanan karier Wishnutama

Wishnutama Kembali Duduk di Kursi Komisaris Tokopedia(CEO NET TV Whisnutama dan Presiden Joko Widodo) Instagram/@wishnutama

Wishnutama memiliki pengalaman hampir 26 tahun di industri kreatif. Ia merupakan pendiri NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Trans TV dan Trans 7.

Wishnutama pun sempat menuai banyak pujian saat menjadi Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018 atas keberhasilannya menyuguhkan pertunjukan spektakuler.

Baca Juga: Sandiaga Kutip Lagu Hotel California untuk Wishnutama 

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya