Comscore Tracker

Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannya

Menabung itu terdengar sepele, namun susah untuk dilakukan

Menabung adalah kebiasaan yang telah ditanamkan orang tua dan guru kita sejak masih kecil. Namun nyatanya semakin dewasa seseorang kebiasaan menabung itu semakin sulit untuk dilakukan. Karena saat kecil kita tak terlalu membutuhkan banyak barang, kalau ada yang diinginkan pun tinggal minta sama orang tua.

Sedangkan saat sudah dewasa berbagai macam kebutuhan hidup harus kita penuhi sendiri. Belum lagi memenuhi yang namanya gaya hidup, entah itu nongkrong, mengikuti tren terbaru, tergiur dengan diskon, dan yang lainnya.

Dan tak jarang, niatan menyisihkan uang untuk menabung saat gajian lagi-lagi hanya menjadi wacana. Ada juga yang sudah menabung, namun karena tergiur dengan banyak hal akhirnya memnutuskan untuk membobol tabungannya.

Menabung itu memang terdengar sepele, namun banyak orang yang gagal dalam menjalankannya. Berikut adalah 5 tips yang jika kamu terapkan wacanamu untuk menabung akan menjadi kenyataan.

1. Membuat rekening tabungan rencana

Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannyabestcreditcardcompaniescomparisonslll.com

Hal yang selalu membuat banyak orang gagal menabung adalah kebiasaan membobol tabungan saat melihat banyak uang didalamnya. Dan membuat rekening tabungan terencana adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi kebiasaan membobol tabungan ini.

Sudah banyak bank yang menyediakan layanan tabungan terencana ini. Dengan menyimpan uang pada jenis tabungan terencana, para nasabah akan dipaksa untuk menyetorkan uang secara rutin setiap bulannya. Dan juga uang dalam tabungan tak bisa di ambil setiap saat, jika kamu ingin mengambilnya maka akan dikenakan denda.

Jadi seseorang akan mikir berkali-kali untuk menarik uang dari tabungan tersebut. Apalagi untuk keperluan yang tak terlalu mendesak. Jadi kita akan aman dari godaan diskon saat berkunjung ke mall.

2. Perlakukan celengan seperti hewan peliharaan

Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannyao.aolcdn.com

Para pecinta drama Korea pasti pernah melihat adegan dimana aktor atau aktrisnya menabung dalam celengan berbentuk hewan dan memberi celengan tersebut nama. Caranya adalah dengan menganggap memasukkan uang ke dalam celengan itu seperti sedang memberi makan hewan peliharaan, sehingga kamu harus secara rutin memasukkan uang ke dalamnya.

Jangan lupa pula untuk memberikan nama pada setiap celengan yang kamu punya. Hal ini akan mempengaruhimu secara psikologis, karena akhirnya kamu akan benar-benar menyayangi celenganmu layaknya hewan peliharaan sungguhan. Sehingga dapat membantu untuk rajin menabung dan tak tergiur untuk memecahkannya untuk keperluan yang tak penting.

 

3. Jangan anggap remeh uang receh

Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannyathesavvycouple.com

Seringkali saat melihat uang receh berserakan, nyempil di kolong kursi, kasur, atau meja kita malas untuk mengambilnya dan membiarkannya begitu saja. Padahal uang receh juga sangat berharga dan bernilai jika kita dapat mengumpulkannya dalam jumlah yang banyak.

Sudah banyakkan cerita yang viral karena seseorang mampu membeli barang mewah dengan menggunakan uang receh. Saat menabung uang receh, kamu juga nggak akan merasa terbebani beda dengan memasukkan uang seratus ribu ke celengan.

Mulailah memasukkan uang receh yang kamu dapatkan saat selesai berbelanja di luar. Setiap kali mendapatkan uang receh langsung masukkan ke dalam celengan, suatu saat kamu akan terkejut dengan nominal yang berhasil kamu kumpulkan.

Baca Juga: Dinilai Kalap, 5 Zodiak yang Harus Rajin Menabung Tahun 2019 ini

4. Bawa uang secukupnya dalam dompet

Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannyamoneycrashers.com

Membawa uang secukupnya dalam dompet juga akan membantumu untuk tidak boros, sehingga kamu tidak akan kehabisan uang dan mencongkel celenganmu. Saat kamu keluar rumah dengan membawa uang secukupnya, kamu hanya akan membeli barang-barang yang memang di butuhkan dan menjadi prioritasmu.

Sudah bukan hal aneh lagi saat melihat uang di dompet masih tersisa banyak, kamu akan langsung membeli barang-barang yang dirasa penting namun ternyata malah tak berguna sama sekali. Dengan tak membawa uang secara berlebihan, kamu akan berpikir berulang kali sebelum menggunakannya.

5. Simpan semua bonus atau kenaikan gaji yang kamu dapat

Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannyamtn-s3.imgix.net

Dalam dunia kerja, pasti kamu akan mendapatkan yang namanya ceperan, bonus, kenaikan gaji, tambahan lainnya. Nah, kamu dapat memasukkan seluruh uang selain hasil gaji mu kedalam celengan atau tabungan. Mengapa demikian? Sekali lagi saat kamu memegang uang banyak, akan ada banyak tuntutan gaya hidup yang menggodamu.

Jadi saat kamu menyimpan seluruh penghasilan tambahan yang kamu peroleh, kamu akan mampu menekan gaya hidumu supaya tak terlalu boros. Karena gajimu saja akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupmu, namun akan selalu kurang untuk memenuhi gaya hidup.

Itulah 5 tips yang dapat kamu terapkan untuk agar merealisasikan wacanamu untuk menabung. Yuk semangat menabung untuk persiapan masa depan yang cerah!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Menabung Sejak Muda 

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You