Comscore Tracker

Tekan Pengeluaran, 5 Tips Hemat Saat Puasa Ini Bisa diterapkan!

#RamadanMasaKini Yuk jangan boros saat puasa!

Saat puasa biasanya banyak orang tak sadar sudah boros dan tahu-tahu uang tabungan pun cepat menipis. Padahal meski sedang berpuasa kamu masih bisa menerapkan hidup hemat agar tabunganmu tidak cepat habis.

Nah berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan agar tetap berhemat meski di kala puasa!

1. Jangan sering buka di luar

Tekan Pengeluaran, 5 Tips Hemat Saat Puasa Ini Bisa diterapkan!Pexels/Rawpixel

Salah satu penyebab pengeluaranmu kian besar saat puasa adalah kamu terlalu sering buka di luar. Padahal makan di luar itu cenderung mahal dan membuat kamu jadi boros. Oleh sebab itu kurangi kebiasaan ini agar tabunganmu tak cepat menipis bahkan habis. Tak mengapa berbuka di luar sesekali, asalkan jangan setiap hari juga.

2. Buatlah takjil sendiri di rumah

Tekan Pengeluaran, 5 Tips Hemat Saat Puasa Ini Bisa diterapkan!Pexels/Mentatdgt

Ada baiknya kamu buat saja takjil di rumah untuk menekan pengeluaranmu. Selain lebih hemat, tentunya membuat takjil sendiri bisa kamu bagikan pada orang-orang yang ada disekitarmu misalnya tetangga. Tentunya kamu pun akan mendapatkan pahala karena sudah berbagi saat puasa.

Selain itu, membuat takjil di rumah bisa kamu kreasikan sesuai keinginanmu.

Baca Juga: Bulan Puasa Bikin Makin Boros? Ini 5 Tips Hemat Ala Anak Kost! 

3. Pisahkan dana untuk Idulfitri

Tekan Pengeluaran, 5 Tips Hemat Saat Puasa Ini Bisa diterapkan!Pexels/alexander millis

Sebaiknya mulailah memisahkan dana Idulfitri dari sekarang agar tabunganmu tetap bisa diselamatkan. Mulailah untuk mengira-ngira seberapa besar budget yang dibutuhkan untuk Idulfitri termasuk bagi-bagi uang pada sanak famili. Dengan begitu tentunya kamu pun tetap memiliki uang tabungan dan tidak akan menjalani puasa dengan terlalu boros.

4. Manfaatkan promo atau diskon

Tekan Pengeluaran, 5 Tips Hemat Saat Puasa Ini Bisa diterapkan!Pexels/Pixabay

Saat bulan Ramadan, biasanya sangat banyak diskon yang ditawarkan di berbagai tempat. Oleh sebab itu manfaatkan diskon saat membeli barang agar pengeluaranmu tidak terlalu besar dan kamu masih bisa berhemat. Cari promo-promo dengan harga miring agar tetap hemat dan pengeluaranmu tidak berlebihan.

5. Beli keperluan seputar lebaran dari sekarang

Tekan Pengeluaran, 5 Tips Hemat Saat Puasa Ini Bisa diterapkan!Pexels/Burst

Entah membeli baju baru atau kue-kue lebaran, ada baiknya kamu mulai membelinya sekarang. Bukan apa-apa biasanya harga barang-barang tersebut lebih mahal saat menjelang lebaran. Oleh sebab itu daripada budget yang kamu keluarkan besar kan lebih baik mulai sekarang saja kamu membeli baju baru dan ku-kue lebaran.

Yuk jalani puasa secara hemat dengan tips di atas!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You