Comscore Tracker

Atasi Mata Kering, Combiphar Luncurkan Insto Dry Eyes

Penderita mata kering mencapai 30,6 persen

Jakarta, IDN Times - Combiphar meluncurkan Insto Dry Eyes, obat untuk mata kering. VP Consumer Health & Wellness and International Operation Combiphar, Weitarsa Hendarto mengatakan, salah satu fokus Combiphar adalah edukasi perawatan kesehatan mata.

"Beberapa tahun terakhir Combiphar kampanye 'buka mata buka insto', juga kampanye pentingnya perawatan kesehatan mata," kata Hendarto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (11/8).

Baca Juga: 5 Ciri Mata Kering, Kenali sebelum Makin Parah!

1. Mata kering disertai berbagai gejala

Atasi Mata Kering, Combiphar Luncurkan Insto Dry EyesIDN Times/Indiana Malia

Dokter Spesialis Mata Dry Eye Centre Jakarta, Nina Asrini Noor mengatakan, mata kering adalah kelainan pada permukaan mata. Menurut dia, lapisan air mata mengalami ketidakstabilan.

"Secara kualitas dan kuantitas mengalami gangguan. Mata kering dipengaruhi banyak faktor, disertai berbagai gejala dan kerusakan bola mata," kata Nina.

2. Penderita mata kering mencapai 30,6 persen

Atasi Mata Kering, Combiphar Luncurkan Insto Dry EyesIDN Times/Indiana Malia

Berdasarkan data Jakarta Eye Centre (JEC), pada 2017 penderita mata kering di Indonesia mencapai 30,6 persen. Penderita paling banyak berusia di atas 50 tahun. Mereka pada umumnya memiliki riwayat operasi mata, penggunaan obat tertentu, terlalu lama melakukan aktivitas visual, dan faktor lingkungan.

"Gejala-gejala yang dialami seperti terasa mengganjal, sering merah, berair, terasa kering, ada sensasi berpasir, ada kotoran mata, terasa lengket, gatal, dan sering kucek mata. Penderita juga sensitif terhadap cahaya," ungkapnya.

3. Akan terjadi penurunan kualitas hidup bila tak lekas ditangani

Atasi Mata Kering, Combiphar Luncurkan Insto Dry EyesIDN Times/Indiana Malia

Bila tak ditangani dengan baik, lanjut Nina, akan terjadi penurunan kualitas hidup. Misalnya, mudah lelah, sulit fokus, hingga terjadi kerusakan pada permukaan mata.

"Pengobatannya juga gak sederhana (bila kondisi kian parah). Pakailah obat tetes mata apabila ada indikasi. Kemudian, lanjutkan pemeriksaan di dokter spesialis mata," kata Nina.

Baca Juga: Agar Gak Perih Lagi, Ikuti 6 Tips Jitu Mengatasi Mata Kering

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You