Comscore Tracker

Cegah Dampak Virus Corona, Pemerintah Kucurkan Rp72 M bagi Influencer

Banyak inisiatif lain yang dilakukan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akan mengucurkan dana Rp72 miliar untuk influencer. Anggaran dari APBN tersebut merupakan stimulus untuk meminimalisasi dampak virus corona.

"Ini juga terkait dengan bagaimana stimulus agar daya beli masyarakat bisa tertahan dan situasi ekonomi nasional dapat diminimalisasi dari dampak virus corona," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (25/2).

Baca Juga: Jokowi Mengakui Virus Corona Mulai Menekan Ekonomi Indonesia

1. Pemerintah juga mempercepat peluncuran Kartu Pra Kerja

Cegah Dampak Virus Corona, Pemerintah Kucurkan Rp72 M bagi InfluencerANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Selain anggaran untuk influencer, kata Airlangga, beberapa inisiatif lain adalah arahan Presiden untuk mempercepat Kartu Pra Kerja. Kartu Pra Kerja tersebut akan segera diluncurkan di 3 provinsi yaitu Sulawesi Utara, Bali, dan Kepulauan Riau.

Menurut Airlangga, saat ini peraturan presiden tengah dipersiapkan. Kemudian, dilanjutkan dengan pembentukan project management office (PMO).

"Selanjutnya akan disiapkan mekanismenya dari Kemenkeu, sehingga target pelaksanaan di tiga lokasi tersebut bisa segera dilaksanakan Maret ini," tuturnya.

2. Kartu Pra Kerja ditargetkan untuk 2 juta manfaat

Cegah Dampak Virus Corona, Pemerintah Kucurkan Rp72 M bagi InfluencerIDN Times/Helmi Shemi

Airlangga menjelaskan, dalam sistem tersebut dilakukan pelatihan dengan aplikasi online dan offline. Pemerintah akan memanfaatkan pelatihan yang ada di swasta dan Kementerian Tenaga Kerja.

"Rencananya Kartu Pra Kerja ditargetkan 2 juta manfaat dan ditargetkan juga untuk menggunakan yang di tenaga kerja sebanyak 500 ribu," kata Airlangga.

3. Wisatawan mancanegara juga dapat insentif

Cegah Dampak Virus Corona, Pemerintah Kucurkan Rp72 M bagi InfluencerMandalika, Lombok. IDN Times/Sunariyah

Pemerintah juga akan memberikan insentif bagi wisatawan mancanegara. Ada alokasi tambahan Rp298 miliar terdiri dari alokasi airline agent yang diberikan diskon khusus. Insentif total sebesar Rp98,5 miliar. Selain itu, ada anggaran promosi Rp103 miliar dan untuk kegiatan tourism Rp25 miliar.

"Khusus untuk wisatawan domestik diberi dukungan pemberian diskon 30 persen untuk 10 tujuan wisata, itu untuk kuota 25 seat setiap penerbangan," kata Airlangga.

Adapun 10 tujuan wisata yang dimaksud adalah Yogyakarta, Labuan Bajo, Danau Toba, Bangka Belitung, Batam, Bintan, Manado, Bali, Malang, dan Mandalika Lombok.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Airlangga Minta Indonesia Siapkan Stok Masker

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya