Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Benarkah GDP Indonesia Rp15 Triliun?

Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2018 Rp14.837,4 triliun

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, menyindir calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, tentang keinginan Prabowo menaikkan tax ratio hingga 16 persen. Menurut Jokowi, apabila tax ratio dinaikkan hingga angka tersebut, hal itu akan menyebabkan syok ekonomi.

"Kalau ingin menaikkan tax ratio seperti Pak Prabowo sampaikan dalam 1 tahun menaikkan dari 10 persen jadi 16 persen. Kalau dalam setahun naiknya drastis artinya ada 5 persen dari GPD Rp15 triliun kita, yang akan ditarik jadi pajak. Akan terjadi syok ekonomi," kata Jokowi.

Mendengar sindiran dari Jokowi, Prabowo pun membantah hal itu. Ia mengaku tidak pernah mengungkapkan ingin menaikkan hingga 16 persen.

Kemudian, Jokowi pun menyampaikan bahwa dirinya hanya membaca berita dari media jika Prabowo ingin melakukan lompatan besar.

"Menurut saya dibidang penerimaaan pajak ini kalau kita konsisten melakukan reformasi di bidang pajak akan memberikan dampak yang siginifikan," ucapnya.

Namun, benarkah GDP sebesar Rp15 triliun? Berdasatkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2018 adalah Rp14.837,4 triliun. Sementara, 5 persen dari PDB tersebut adalah Rp741,87 triliun.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Prabowo Sebut Rasio Pajak Indonesia Saat Ini 10 Persen

[CEK FAKTA] Benarkah GDP Indonesia Rp15 Triliun?IDN Times/Sukma Shakti

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You