Comscore Tracker

Ekspansi ke Bali, OYO Investasi Rp422 Miliar

Tingkat hunian hotel OYO di Bali mencapai 65-70 persen

Jakarta, IDN Times - OYO Hotels & Homes--jaringan hotel terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di dunia (dalam jumlah kamar)-- meresmikan jaringan hotelnya di Bali. OYO mengalokasikan investasi sebesar US$30 juta atau setara dengan Rp422 miliar untuk mendorong transformasi industri perhotelan di Bali dan menjangkau basis pelanggan yang lebih luas.

"Peresmian ini merupakan bagian dari tercapainya babak baru pertumbuhan bisnis OYO di Indonesia," ungkap OYO Hotels & Homes Founder & Group CEO, Ritesh Agarwal.

1. Bali jadi pangsa pasar prioritas

Ekspansi ke Bali, OYO Investasi Rp422 Miliarinstagram.com/secretive.luxury

Dalam kurun waktu kurang dari setahun, kini OYO memiliki lebih dari 1.000 hotel, 1.200 mitra pemilik hotel, dan 5 juta pelanggan di 100 kota di seluruh Indonesia. Pencapaian ini berhasil dicapai lebih cepat dari target awal OYO, yaitu untuk hadir di 100 kota pada akhir tahun 2019.

Sebagai ikon pariwisata di Indonesia, kata Ritesh, Bali adalah pasar yang krusial bagi OYO. Pariwisata menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Bali. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 43 persen kunjungan wisata mancanegara dari seluruh Indonesia adalah dari pulau Bali. 

"Indonesia merupakan salah satu pasar prioritas bagi OYO, khususnya Bali," ujarnya.

2. OYO berkomitmen membantu banyak mitra pemilik hotel

Ekspansi ke Bali, OYO Investasi Rp422 MiliarDok.IDN Times/Istimewa

Ritesh mengatakan, OYO akan senantiasa fokus dan berkomitmen membantu lebih banyak mitra pemilik hotel. Selain itu, mentransformasi properti mereka menjadi akomodasi berkualitas dengan harga kompetitif dan memberikan pengalaman menginap yang terbaik untuk para pelanggan.

"Sebagai industri penyokong pariwisata, industri perhotelan tentu akan mendapat keuntungan dari pasar yang berpotensi tinggi," kata dia.

BPS menyatakan terdapat 551 hotel berbintang di Bali, yang terdiri dari 61 persen hotel bintang 1-3 pada tahun 2017. Untuk bisa sukses di persaingan yang begitu ketat, dibutuhkan kemampuan memetakan solusi, potensi, serta tantangan di industri lokal.

"OYO memiliki dukungan on-ground dari tim lokal yang berpengalaman dan memahami keadaan industri hospitality lokal dan mampu memberi solusi paling tepat," kata Ritesh.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Airy Latih Ribuan Tenaga Kerja Perhotelan

3. Tingkat hunian hotel OYO di Bali mencapai 65-70 persen

Ekspansi ke Bali, OYO Investasi Rp422 MiliarDok. IDN Times

Country Head OYO Hotels & Homes Indonesia, Rishabh Gupta menambahkan, sebanyak 105 hotel dengan 1.034 kamar telah bergabung di jaringan hotel OYO di Bali. Per Agustus 2019, tingkat hunian hotel OYO di Bali mencapai 65-70 persen, dengan rata-rata pemesanan terjadi setiap 1 menit.

"Sebagai pelopor model bisnis perhotelan full-stack berbasis teknologi pertama di dunia, kami berharap keberadaan OYO di Indonesia dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memajukan industri perhotelan lokal," ujarnya.

4. OYO menawarkan harga kompetitif

Ekspansi ke Bali, OYO Investasi Rp422 MiliarDok.IDN Times/Istimewa

Dari sisi konsumen, OYO membantu mitra pemilik hotel agar mampu memberikan pengalaman menginap yang berkualitas untuk para tamu.

Region Head OY Hotels & Homes untuk Bali dan Nusa Tenggara, Benny Batara mengatakan, para tamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang terstandarisasi dan terjamin ala OYO. Harga yang ditawarkan kompetitif di seluruh hotel yang termasuk dalam jaringan OYO. Setiap hotel OYO menjanjikan fasilitas seperti koneksi Wi-Fi yang cepat dan gratis, linen yang bersih, peralatan mandi dan kamar mandi yang higienis, AC dan TV.

"Saya sudah berkecimpung di bisnis perhotelan selama tujuh tahun. Kami memutuskan untuk bergabung dengan jaringan OYO karena kami percaya mereka dapat membantu hotel kami mencapai performa bisnis yang lebih baik. Kami berharap keahlian dan reputasi OYO sebagai salah satu jaringan hotel terbesar di dunia mampu mendukung kami dalam memberikan pengalaman menginap yang terstandarisasi dan berkualitas kepada para tamu," kata Owner of Collection O 14 Sun Boutique Hotel, Kevin Saputro.

Baca Juga: 5 Jenis Investasi Syariah untuk Millennial, Halal dan Untung 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You