Comscore Tracker

Erick Thohir Beberkan 3 Hal yang Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi RI

Erick dukung program pariwisata untuk dongkrak pariwisata

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan tiga hal yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tengah pandemik COVID-19. Pertama, terkait penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Hutama Karya dalam pembangunan jalan tol.

Menurut Erick, hal itu bisa menjaga kesenjangan pertumbuhan ekonomi antara Pulau Jawa dengan Sumatera.

"Kemarin saya dapat laporan langsung ketika jalan tol yang tersambung dari Palembang dan Lampung itu konsumsi listrik meningkat. Karena itu, kami melihat Jalan Tol Sumatra ini memang jadi sebuah kebijakan yang harus diteruskan dan InsyaAllah menjaga keseimbangan ekonomi," kata Erick dalam konferensi pers virtual Nota Keuangan dan RUU APBN 2021, Jumat (14/8/2020).

Erick melanjutkan, dukungan terhadap program pariwisata juga dapat mendongrak pertumbuhan ekonomi. Misalnya, Pelindo III dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan menjadikan Bali sebagai hub pariwisata nasional. Menurut Erick, selama ini untuk penerbangan sudah sangat baik, tetapi wisata maritim masih ketinggalan.

"Karena itu dalam pembangunan Pelindo III sendiri kemarin sudah disepakati dengan banyak kementerian, kita akan membangun Pelabuhan Benoa jadi pelabuhan tourism yang juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi maritim. Sehingga disambungkan juga dengan konektivitas kepada Labuan Bajo," ungkapnya.

Terakhir, kata Erick, adalah prioritas pembangunan kawasan industri di Batang, Jawa Tengah. Erick mengatakan, pihaknya mendukung program pemindahan kawasan industri agar lebih kompetitif dengan negara-negaga lain.

"Oleh karena itu diperlukan dukungan pemerintah untuk PNM ini," katanya.

Baca Juga: Jokowi Beberkan 6 Program RAPBN 2021 Pemulihan Ekonomi Dampak COVID-19

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya