Comscore Tracker

Gojek Bidik Three Zeros pada 2030

Three Zeros: Zero Emissions, Zero Waste dan Zero Barriers 

Jakarta, IDN Times - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) mengumumkan komitmen Three Zeros: Zero Emissions, Zero Waste dan Zero Barriers. Ketiganya akan dicapai pada 2030.

"Ini adalah bagian dari misi sustainability perusahaan dalam menciptakan dampak positif dan memberikan manfaat jangka panjang bagi manusia dan bumi," kata Co-CEO Gojek Kevin Aluwi dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/4/2021).

Baca Juga: Bos Gojek Akui Terlalu Naif Mengira Gojek Bisa Tetap Terus Tumbuh

1. Three Zeros fokus pada isu sosial dan lingkungan

Gojek Bidik Three Zeros pada 2030Ilustrasi Logo Gojek (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Kevin menjelaskan, Three Zeros didasari oleh tiga pilar strategis. Di antaranya pelestarian lingkungan (GoGreener) untuk memastikan pencapaian Zero Emissions dan Zero Waste, pertumbuhan sosial ekonomi (GoForward), serta kesetaraan dan keberagaman (GoTogether) untuk memastikan pencapaian Zero Barriers.

"Tiga pilar tersebut fokus pada isu-isu lingkungan dan sosial yang paling mendesak sekaligus memberikan dampak paling signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan," kata dia.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Zero Waste

2. Sustainability report Gojek menggunakan indikator ESG

Gojek Bidik Three Zeros pada 2030Gojek meluncurkan 12 program kesejahteraan mitra driver. (Dok.Gojek)

Komitmen tersebut, lanjut Kevin, dicanangkan dalam laporan berkelanjutan (sustainability report). Sustainability report Gojek memaparkan berbagai pencapaian dan langkah ke depan perusahaan untuk mengimplementasikan praktik-praktis bisnis dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

"Laporan sustainability Gojek dengan indikator ESG ini telah melalui proses assurance oleh PricewaterhouseCoopers (PwC)," jelasnya.

3. Gojek ambil bagian menjalankan bisnis berkelanjutan

Gojek Bidik Three Zeros pada 2030Ilustrasi Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan, sektor swasta diharapkan dapat bertindak dan membantu mengatasi isu-isu lingkungan dan sosial. Oleh sebab itu, Gojek bertanggung jawab untuk ikut ambil bagian dan menjalankan bisnis secara berkelanjutan.

"Melalui integrasi praktik-praktik ESG yang terdepan di industri, kami memastikan untuk menjalankan bisnis dengan lebih baik di seluruh ekosistem, sambil membuka jalan bagi perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama," paparnya.

Baca Juga: Gojek dan Telkom-ITDRI Luncurkan Muda Maju Bersama 

Topic:

  • Indiana Malia
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya