Comscore Tracker

Gojek Xcelerate Batch 3 Sasar Startup Sektor Ritel 

Akselerator dibutuhkan untuk startup yang baru bertumbuh

Jakarta, IDN Times - Gojek Xcelerate Batch 3 menyasar startup sektor ritel. Program tersebut berfokus pada inovasi kebutuhan keseharian konsumen. Dengan demikian, startup bisa bersaing dan tumbuh lebih cepat.

"Melalui Gojek Xcelerate, Gojek berbagi metode efektif dalam mengembangkan produk secara efisien kepada sembilan startup anak bangsa terpilih," ungkap Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin di Kantor Gojek, Jumat (14/2).

1. Metode growth hacking bertujuan untuk mencapai product market fit

Gojek Xcelerate Batch 3 Sasar Startup Sektor Ritel Ilustrasi startup. (IDNTimes/Holy Kartika)

Ainul menjelaskan, metode growth hacking digunakan untuk mencapai product market fit, yaitu memberikan nilai tambah penciptaan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Menurut dia, metode tersebut mirip dengan disiplin marketing.

Perusahaan selalu mengupayakan cara memasarkan produk dan jasa yang paling sesuai dengan target konsumen, bahkan sampai level individu. "Dalam growth-hacking, startup menganalisis data perilaku konsumen untuk mencari solusi yang pasti bagi konsumen, dan ini penting untuk membantu percepatan pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis," ujarnya.

2. Akselerator dibutuhkan untuk startup yang baru bertumbuh

Gojek Xcelerate Batch 3 Sasar Startup Sektor Ritel Managing Director Digitaraya, Nicole Yap. (IDN Times/Indiana Malia)

Managing Director Digitaraya, Nicole Yap menambahkan, data Forbes menyebut 70 persen dari kegagalan startup disebabkan oleh pertumbuhan yang prematur. Startup menggunakan dana yang sudah diinvestasikan untuk memperbaiki produk yang sudah ada daripada menguji produk tersebut agar cocok dengan konsumen.

"Pada kondisi inilah akselerator startup dapat membantu, memberikan startup petunjuk agar mereka dapat menghindari kegagalan-kegagalan yang sudah pernah ada dan mendorong mereka untuk menguji asumsi mereka lebih awal bersama dengan mentor serta ahli di bidangnya," katanya.

3. Gojek Xcelerate menargetkan 35 startup terbaik asal Indonesia dan Asia Pasifik

Gojek Xcelerate Batch 3 Sasar Startup Sektor Ritel Konferensi Pers Gojek. (IDN Times/Indiana Malia)

Gojek Xcelerate dihadirkan sebagai wadah berbagi ilmu Gojek membangun decacorn pertama Indonesia. Diluncurkan pada September 2019, Gojek Xcelerate menargetkan membina 35 startup terbaik asal Indonesia dan Asia Pasifik melalui pelatihan berbasis kurikulum dari Gojek dan partner global. Di antaranya McKinsey & Co, UBS Bank, dan Google Developers Launchpad.

Batch pertama Gojek Xcelerate berfokus pada Machine Learning dan telah meluluskan 5 startup Tanah Air, sedangkan batch kedua Women Founders telah meluluskan 9 startup asal Asia Pasifik yang dipimpin oleh perempuan.

Startup anak bangsa yang berkesempatan belajar langsung di Gojek Xcelerate batch 3 di antaranya marketplace penyewaan mainan dan perlengkapan bayi, Gigel.id; produk kosmetik dan perawatan tubuh, Callista; serta startup penyedia perangkat pintar pendukung aktivitas sehari-hari, Sugar Technology.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Wawancara Eksklusif Catherine Hindra Sutjahyo-Chief Food Officer Gojek

Topic:

  • Indiana Malia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya