Comscore Tracker

Jadi Penyempurna Ibadah Ramadan, Ini 5 Fungsi Zakat Fitrah

Zakat fitrah dapat menyucikan harta dan jiwa

Jakarta, IDN Times - Zakat fitrah merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pembayaran zakat fitrah dapat berupa makanan ataupun uang tunai. Dalam agama Islam, zakat fitrah menjadi penyempurna ibadah puasa Ramadan.

Selain untuk menyucikan harta, ada beberapa fungsi melaksanakan zakat fitrah. Apa saja itu?

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Lho Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

1. Zakat fitrah dapat membersihkan jiwa

Jadi Penyempurna Ibadah Ramadan, Ini 5 Fungsi Zakat FitrahIlustrasi zakat (Dok. baznas.go.id)

Selain pahala berlipat ganda, bulan suci Ramadan juga menjadi kesempatan menyucikan jiwa melalui zakat fitrah. Hal itu tertera dalam Al-Quran Surat At-Taubah ayat 103.

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnnya doa kamu itu ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

2. Zakat fitrah dapat menyucikan harta

Jadi Penyempurna Ibadah Ramadan, Ini 5 Fungsi Zakat FitrahIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Bukan hanya jiwa yang kembali suci, zakat fitrah juga dapat membersihkan harta dari hal-hal tidak baik. Misalnya, kamu adalah seorang pedagang. Dalam proses jual beli, ada pelanggan yang tidak rida dengan harga yang kamu patok. Dia membelinya tanpa rasa ikhlas. Hal itu dapat menjadi penghalang dalam memperoleh harta.

Proses jual beli tersebut dapat disucikan melalui zakat fitrah. Namun, fungsi menyucikan harta ini tidak berlaku bagi umat muslim yang memperoleh harta secara haram, seperti hasil korupsi, mencuri, atau menipu.

Baca Juga: Belum Zakat Fitrah? Bisa Bayar Lewat Bukalapak dan Gojek, Ini Caranya

3. Tali silaturahim dapat terjalin erat

Jadi Penyempurna Ibadah Ramadan, Ini 5 Fungsi Zakat FitrahIlustrasi Idulfitri (IDN Times/Arief Rahmat)

Zakat fitrah dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahim antarumat muslim. Apabila muzaki (pemberi) peduli kepada mustahik (penerima) dan mustahik mendoakan muzaki, hal ini dapat memperkuat hubungan persaudaraan.

Di tengah situasi pandemik COVID-19 seperti saat ini, zakat fitrah sangat berharga bagi mustahik. Zakat fitrah dapat meringankan beban mereka dalam menjalani kehidupan saat pandemik.

4. Berlatih mensyukuri nikmat Allah SWT

Jadi Penyempurna Ibadah Ramadan, Ini 5 Fungsi Zakat FitrahIlustrasi beras. kemendag.go.id

Zakat fitrah dapat melatih kita untuk mensyukuri nikmat Allah SWT dengan membagi harta kepada orang yang membutuhkan. Dari setiap hasil kerja kita, ada peran orang lain dan peran Allah dalam prosesnya.

Selain itu, zakat fitrah dapat membantu orang-orang yang tidak mampu merasakan nikmat hari raya. Mereka tidak merasa kekurangan makanan saat hari raya.

5. Membersihkan diri dari perbuatan yang sia-sia

Jadi Penyempurna Ibadah Ramadan, Ini 5 Fungsi Zakat FitrahPexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam menjalani ibadah puasa, terkadang kita pernah merasa marah, kesal, bahkan memaki-maki. Dengan membayar zakat fitrah, kita dapat membersihkan diri dari perilaku sia-sia tersebut. Hal itu telah disabdakan Rasulullah dalam Hadits Riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah.

“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah itu sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan perkataan kotor dan sebagai makanan bagi orang miskin. Karena itu, barang siapa mengeluarkan sesudah salat maka dia itu adalah shadaqoh biasa."

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Membayar Zakat Fitrah 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya