Comscore Tracker

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Dibuka Besok Pagi, Gratis!

Jalan tol layang Japek dibuka mulai pukul 06.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan dibuka untuk pengguna jalan mulai besok, Minggu 15 Desember 2019 pukul 06.00 WIB. Jalan tol layang tersebut telah diresmikan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pada Kamis (12/12) lalu.

“Mulai besok pagi, pengguna jalan, khususnya yang menempuh jarak jauh, dapat mulai menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), yang membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat tanpa tarif untuk sementara waktu,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, dalam keterangannya, Sabtu (14/12).

Baca Juga: Jalan Tol Layang Japek Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru 

1. Heri mengimbau pengendara untuk memperhatikan akses pengguna jalan

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Dibuka Besok Pagi, Gratis!ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Heru juga mengingatkan kembali akses pengguna jalan untuk dapat melewati jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini.

“Untuk arah Cikampek, pengguna jalan dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim/Cawang, dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) melalui akses di Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah,” jelas Heru.

2. Pengguna arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Dibuka Besok Pagi, Gratis!Tol Layang Jakarta-Cikampek/Dok. PT Jasa Marga (Persero)

Untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol JORR dari arah Jatiasih, Heru menjelaskan, pengguna jalan dapat masuk melalui akses Km 45 Jalan Tol JORR. Sementara, untuk pengguna jalan dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol JORR.

“Sedangkan untuk pengguna jalan yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah. Nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/Cawang, keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6, serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8,” kata Heru.

3. Kemenhub siapkan SOP jika terjadi kecelakaan di tol layang Japek

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Dibuka Besok Pagi, Gratis!(Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi akan menyiapkan standard operational procedure (SOP) untuk mengantisipasi kecelakaan di jalan tol layang Japek.

Budi mengatakan, untuk evakuasi kecelakaan di tol layang Japek masih cukup merepotkan. Sebab, dari 8 titik putar balik atau u-turn, hanya ada dua titik tangga darurat yang hanya bisa dilalui orang. 

Delapan titik putar balik tersebut ada di KM 13, 17, 21, 24, 28, 31, 36 dan 38. "Tapi itu hanya untuk orang saja. Mobil gak bisa," kata Budi. 

Regulasi atau SOP jalan tol layang Japek ini akan ditetapkan secepatnya menggunakan peraturan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub. 

"Saya harapkan secepatnya. Kalau pakai Permen (peraturan menteri) kan lama, jadi pakai peraturan dirjen dulu," katanya. 

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak terlalu bereuforia menggunakan tol ini untuk mengejar waktu. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Sunariyah

Just For You