Comscore Tracker

Kemenhub: Persiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru Sudah 70 Persen

Ramp check dilakukan hingga 18 Desember 2019

Jakarta, IDN Times - Persiapan angkutan untuk Natal dan Tahun Baru sudah mencapai 70 persen. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ada dua pertemuan lagi yang harus dilakukan.

"Pertama, akhir minggu ini kami rapat koordinasi di kantor. Kedua, minggu depan kami bersama dengan Kapolri akan melakukan video conference dengan seluruh jajaran di seluruh Indonesia,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (3/12).

1. Kemenhub menyusun rencana operasi dan sejumlah kebijakan

Kemenhub: Persiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru Sudah 70 PersenANTARA FOTO/Aji Styawan

Budi menjelaskan, pemerintah telah menyusun rencana operasi dan penetapan sejumlah kebijakan. Di antaranya melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada simpang yang berpotensi macet, pembatasan angkutan barang, dan melakukan pengaturan pada kawasan pasar tumpah.

"Kami juga menempatkan petugas pada perlintasan sebidang, mengatur rute sepeda motor, serta mengatur kantong-kantong parkir di kawasan wisata," jelas Budi.

Pemerintah juga akan menerapkan kebijakan pengaturan pada gerbang tol (toll gate); pemasangan Variable Message Sign (VMS); serta pengaturan pada SPBU dan rest area. Hal itu seiring dengan rencana pengoperasian jalan tol Jakarta–Cikampek Elevated.

Baca Juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Inflasi Diprediksi Terus Melambung

2. Ramp check dilakukan hingga 18 Desember 2019

Kemenhub: Persiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru Sudah 70 PersenIDN Times/Galih Persiana

Terkait aspek keselamatan, lanjut Budi, pemerintah melaksanakan ramp check terhadap sejumlah moda transportasi massal sejak 29 November 2019 sampai 18 Desember mendatang. Di antaranya pemeriksaan terhadap awak pengemudi, masinis, pilot, dan nakhoda.

“Rampcheck sudah kami lakukan sejak dua minggu yang lalu baik itu untuk darat, udara, laut maupun kereta api. Sabtu-Minggu ini saya akan keliling ke beberapa tempat untuk memastikan pengecekan rampcheck telah dilakukan secara optimal,” katanya.

3. Kemenhub kembali menyelenggarakan program mudik gratis

Kemenhub: Persiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru Sudah 70 PersenANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kementerian Perhubungan beserta Jasa Raharja juga menyelenggarakan Program Mudik Gratis dengan armada sebanyak 55 (lima puluh lima) unit dengan kapasitas 2.475 penumpang. Program mudik gratis ini berangkat dari Jabodetabek dan Denpasar menuju beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.

“Mudik gratis akan kami sediakan kerja sama dengan beberapa pihak. Kami berharap program ini dapat membantu masyarakat serta mengurangi kepadatan arus lalu lintas,” ungkapnya.

Baca Juga: Cegah Harga Pangan Meroket Jelang Natal Tahun Baru, Ini Cara Kemendag

Topic:

  • Umi Kalsum

Just For You