Comscore Tracker

Kopi Kenangan Dapat Kucuran Dana dari Rapper Jay-Z dan Serena Williams

Menu "Es Kopi Kenangan Mantan" paling populer

Jakarta, IDN Times - Perusahaan rintisan bidang ritel minuman Kopi Kenangan mendapatkan suntikan dana Seri A, antara lain dari rapper Jay-Z dan petenis Serena Williams.

“Kami ingin membangun brand yang legendaris dan kami sangat senang dapat bekerja bersama para investor dan penasihat baru kami yang telah sukses membangun waralaba konsumen global di bidang olahraga, hiburan, makanan dan minuman serta teknologi,” kata CEO sekaligus pendiri Kopi Kenangan Edward Tirtanata dikutip dari Antara, Selasa (24/12).

1. Kopi Kenangan dapat pendanaan seri A

Kopi Kenangan Dapat Kucuran Dana dari Rapper Jay-Z dan Serena WilliamsInstagram.com/kopikenangan

Kopi Kenangan mendapatkan tambahan pendanaan Seri A, antara lain dari Arrive, salah satu anak perusahaan Roc Nation milik Jay-Z, Serena Ventures milik Serena Williams, pebasket Caris LeVert dan pendiri Sweetgreen Jonathan Neman.

Kedai kopi yang didirikan Edward, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa pada 2017 ini mendapatkan pendanaan Seri A pada Juni lalu, terbesar dari Sequoia India senilai US$20 juta. Sequoia juga turut berpartisipasi dalam penggalangan dana terbaru.

Baca Juga: Riset Toffin: Tren Minum Kopi Dorong Prospek Bisnis Kedai Kopi Cerah

2. Sebanyak 200 kedai Kopi Kenangan dibuka dalam 2 tahun

Kopi Kenangan Dapat Kucuran Dana dari Rapper Jay-Z dan Serena WilliamsInstagram.com/kopikenangan

Kopi Kenangan dalam kurun waktu dua tahun memiliki lebih dari 200 kedai yang tersebar di seluruh Indonesia, pertumbuhan pesat dari 2018 yang baru 16 toko. Kopi Kenangan saat ini memiliki 1.800 pegawai dan menjual lebih dari tiga juta gelas kopi per bulan.

"Kami terinspirasi oleh keuletan, visi dan kemampuan Kopi Kenangan dalam menjalankan bisnis,” kata Presiden Arrive, Neil Sirni, dalam keterangan yang sama.

Kopi Kenangan merupakan salah satu kedai yang memopulerkan minuman kopi susu khas Indonesia yang populer dengan nama "Es Kopi Kenangan Mantan".

3. Kedai kopi di Indonesia naik tiga kali lipat

Kopi Kenangan Dapat Kucuran Dana dari Rapper Jay-Z dan Serena WilliamsKopi Konnichiwa Ruko Golf Island No 19 Jl. Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Meningkatnya jumlah kedai kopi di Indonesia dalam tiga tahun terakhir membuat bisnis kedai kopi di Indonesia terus berkembang menjadi emerging business. Menurut hasil riset yang dilakukan Toffin Indonesia bekerja sama dengan Majalah MIX MarComm SWA Group, kedai kopi di Indonesia pada Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016 yang hanya sekitar 1000.

Dari segi bisnis, peningkatan juga terus terjadi terhadap penjualan produk Ready to Drink (RTD) Coffee. Menurut data Euromonitor, pada 2013, retail sales volume RTD Coffee Indonesia hanya sekitar 50 juta liter. Pada 2018, angka itu meningkat menjadi hampir 120 juta liter.

Global Agricultural Information Network mengeluarkan Data Tahunan Konsumsi Kopi Indonesia 2019 yang menunjukkan proyeksi konsumsi domestik pada 2019/2020 mencapai 294 ton atau meningkat sekitar 13,9 persen dibandingkan konsumsi pada 2018/2019 yang mencapai 258.000 ton.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

 

Baca Juga: Kopi Kenangan Targetkan Buka 250 Gerai hingga Akhir Tahun

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya