Comscore Tracker

Lawan COVID-19, Tanoto Foundation Sumbang 100 Ribu APD

Tanoto juga menyumbang alat kesehatan

Jakarta, IDN Times - Bantuan 100.000 baju pelindung yang didatangkan oleh Tanoto Foundation tiba secara bertahap di Lanud Halim Perdanakusuma dari Tiongkok sejak Jumat (3/4). Bantuan dari Tanoto Foundation akan didistribusikan kepada petugas medis yang tengah berjuang dalam menangani wabah COVID-19 di Indonesia. 

Selain baju pelindung, Tanoto Foundation juga tengah mendatangkan APD (Alat Pelindung Diri) lain berupa 1 juta masker bedah, 1 juta sarung tangan dan 30.000 kacamata medis untuk membantu kerja para petugas kesehatan.

1. Proses pengadaan APD terkendala kelangkaan barang dan minimnya penerbangan

Lawan COVID-19, Tanoto Foundation Sumbang 100 Ribu APDTanoto Foundation kirim bantuan untuk penanganan COVID-19. (Dok.Tanoto Foundation)

Proses pengadaan APD tersebut tidak mudah dilakukan pada kondisi saat ini. Sebab, seluruh negara tengah berjuang menyembuhkan pasien COVID-19 dan memastikan keselamatan petugas kesehatan.

Selain keterbatasan produsen di tengah tingginya permintaan dunia terhadap APD, teknis pengiriman barang juga membutuhkan upaya ekstra karena minimnya perusahaan penerbangan yang masih mengoperasikan layanan.

Untuk mendatangkan bantuan APD tersebut, Tanoto Foundation menggunakan dua penerbangan sewaan dari Tiongkok ke Indonesia.

Baca Juga: Bos-bos Perusahaan Kakap Ini Rela Potong Gaji Demi Lawan Virus Corona

2. Tanoto Foundation bekerja sama dengan RGE dalam pendistribusian bantuan

Lawan COVID-19, Tanoto Foundation Sumbang 100 Ribu APDTanoto Foundation kirim bantuan untuk penanganan COVID-19. (Dok.Tanoto Foundation)

"Tanoto Foundation dan Grup RGE (Royal Golden Eagle) sangat berterima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu pengadaan bantuan ini sampai akhirnya bisa tiba di Indonesia," kata penasihat Tanoto Foundation, Sihol Aritonang, Senin (6/4).

Bantuan peralatan medis tersebut dilakukan oleh Tanoto Foundation bekerja sama dengan kelompok usaha yang berada di bawah naungan Royal Golden Eagle (RGE). Bantuan tersebut diharapkan akan membuat para petugas kesehatan bekerja mendapatkan peralatan pengamanan yang memadai dalam kerja keras mereka menyelamatkan nyawa di tengah meluasnya wabah COVID-19.

3. Korban jiwa akibat virus corona mencapai 209 jiwa

Lawan COVID-19, Tanoto Foundation Sumbang 100 Ribu APDTanoto Foundation kirim bantuan untuk penanganan COVID-19. (Dok.Tanoto Foundation)

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, menyampaikan jumlah korban meninggal akibat virus corona bertambah sebanyak 11 orang. Jumlah sebelumnya pasien meninggal sebanyak 181 orang.

“Dan masih ada 11 orang yang meninggal hingga jumlahnya menjadi 209,” ujar Yurianto melalui siaran langsung di channel YouTube BNPB Indonesia, Minggu (5/4).

Yuri juga menyebut jumlah kasus positif virus corona bertambah sebanyak 218 orang, sehingga total menjadi 2.491 kasus dari sebelumnya sebanyak 2.273 kasus.


"Pada pencatatan hari ini kita dapatkan penambahan kasus baru konfirmasi positif COVID-19 dari pemeriksaan dengan menggunakan metode PCR bukan rapid test sebanyak 218 kasus baru sehingga total 2.491 kasus,” ujarnya.

Jumlah tersebut terhitung sejak tanggal 5 April 2020 pukul 12.00 WIB hingga 6 April 2020 pukul 12.00 WIB.

"Gambaran ini menunjukkan proses penularan masih berlangsung di luar," ujar Yuri.

Baca Juga: Perusahaan Kakap RI Galang Dana Lawan Virus Corona, Ini Daftarnya

Topic:

  • Anata Siregar
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya