Comscore Tracker

Pendanaan UMKM Terimbas Virus Corona, Begini Caranya Dapat Bantuan

UMKM boleh mendaftar bila telah beroperasi minimal 3 bulan

Jakarta, IDN Times - Xendit, salah satu startup teknologi finansial, menghadirkan “Xendit Business For Good”. Hal itu bertujuan memastikan kelangsungan bisnis UMKM di tengah pandemik COVID-19. 

"Xendit memberikan tunjangan untuk 100 bisnis yang terpilih. Selain itu, kami juga memberikan dukungan finansial berbunga rendah kepada UMKM dan pebisnis hingga 100 perusahaan," ungkap COO dan co-founder Xendit, Tessa Wijaya dalam keterangannya.

1. UMKM boleh mendaftar bila telah beroperasi minimal 3 bulan

Pendanaan UMKM Terimbas Virus Corona, Begini Caranya Dapat BantuanBeberapa masker yang sudah jadi. IDN Times/zainul arifin

Baca Juga: Himbara Komitmen Selamatkan Pelaku UMKM yang Terdampak Virus Corona

Tessa menjelaskan, program tersebut tidak dibatasi sektor industrinya, dengan kriteria telah beroperasi selama lebih dari 3 bulan. Menurut dia, dukungan finansial dapat membawa dampak yang besar.

"Dengan inisiatif ini kami berharap kami dapat meringankan beban bisnis lokal dan terus mendukung mereka," kata Tessa.

2. Xendit memberikan dukungan tunjangan

Pendanaan UMKM Terimbas Virus Corona, Begini Caranya Dapat BantuanIlustrasi UMKM Kerupuk ikan lele (IDN Times/Yurika Febrianti)

Salah satu dukungan finansial yang diberikan adalah tunjangan. Xendit membantu bisnis untuk merambah ke digital dan mulai menerima pembayaran secara online dalam beberapa hari kerja. 

"Caranya, aktifkan berbagai metode pembayaran. Tidak ada biaya untuk transaksi yang dilakukan selama satu bulan," ungkapnya.

3. Xendit juga memberikan finansial modal kerja

Pendanaan UMKM Terimbas Virus Corona, Begini Caranya Dapat BantuanIlustrasi Rupiah (ANTARA FOTO/Rahmad)

Selain itu, Xendit juga menyediakan dukungan finansial modal kerja yang dapat digunakan untuk menutupi biaya operasional termasuk kebutuhan payroll. 

"Bunga dukungan finansial yang rendah, menutupi biaya operasional, dan pembiayaan cepat dan fleksibel," jelas Tessa.

Mulai 20 Maret 2020, bisnis-bisnis dapat langsung melakukan pendaftaran untuk program tunjangan dan dukungan finansial. Tim Xendit akan menghubungi klien untuk mereview proses aplikasi mereka setelah pengajuan.

Sejak 2015, sistem Xendit dapat menerima pembayaran dari akun virtual, kartu kredit dan debit, e-Wallet, gerai retail (Alfamart Group & Indomaret) dan juga kredit online.

Baca Juga: Imbas COVID-19, Pekerja Informal dan UMKM Dapat Keringanan Kredit

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya