Comscore Tracker

Perkembangan Ekonomi Diprediksi Gak Lebih dari 5 Persen, Kenapa Ya?

Terlalu banyak aturan di dunia usaha

Jakarta, IDN Times - Perkembangan ekonomi di Indonesia dinilai tak akan lebih dari 5 persen. Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Suryani SF Motik, mengatakan bahwa banyaknya peraturan di dunia usaha membuat para pengusaha "kabur".

"Memang antara janji 7 persen sama realisasi 5 persen jauh sekali. Proyeksi ke depan itu gak akan lebih dari 5 persen. Mungkin kalau salah manage, bisa 4 persen. Kondisinya gak enak buat dunia usaha dan masyarakat. Apalagi kalau manage-nya seperti 5 tahun lalu," kata Suryani di Kantor IDN MEDIA HQ, Jakarta Selatan, Minggu (20/10).

Menurut Suryani, dunia usaha akan lebih bagus jika tidak terlalu banyak regulasi. Dia mencontohkan, pada 5 tahun lalu peraturan langsung terkait dunia usaha ditambah lebih dari 20 ribu lebih.

"Niatnya sih bagus di 17 paket kebijakan, tapi ini malah inflasi kebijakan. Terlalu banyak paket kebijakan, akibatnya implementasinya gak jelas. Harusnya disiapkan dulu dari bawah, baru dibuat paket supaya jalan, isunya apa, masalahnya apa," kata Suryani.

Baca Juga: Dua PR Krusial Jokowi di Periode Kedua menurut Anita Wahid

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You