Comscore Tracker

Sandiaga Bidik Turis Asing yang Banyak Belanja untuk Pulihkan Ekonomi

Dicari: wisatawan asing yang kualitas spendingnya gede!Sandi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengejar kualitas turis dari sisi pengeluaran per kunjungan. Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pihaknya menargetkan pengeluaran turis asing bisa melampaui angka sebelum pandemik COVOD-19 yang mencapai 1.500 dolar AS per tamu per kunjungan.

“Apa yang mereka keluarkan harus bisa menggerakkan rakyat, berdampak pada kebijakan lingkungan, dan memberdayakan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (22/3/2021).

Baca Juga: Free COVID-19 Corridor: Jurus Menparekraf Sandiaga Sambut Wisatawan

1. Target kunjungan wisman direvisi

Sandiaga Bidik Turis Asing yang Banyak Belanja untuk Pulihkan EkonomiInstagram.com/balitourismboard

Terlepas dari itu, Sandiaga juga merevisi target kunjungan turis atau wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2021. Angka pergerakan wisman diperkirakan lebih rendah dari angka yang diramalkan sebelumnya, yakni 4-7 juta orang hingga akhir tahun.

“Kami harus menghitung ulang target itu. Kami evaluasi dengan modelling yang betul-betul tidak memberikan ekspektasi yang salah terhadap dunia usaha,” ujarnya.

2. Pemerintah baru akan membuka gerbang wisman pada Juli 2021

Sandiaga Bidik Turis Asing yang Banyak Belanja untuk Pulihkan EkonomiIDN Times/Irma Yudistirani

Sandiaga mengatakan perubahan proyeksi jumlah kunjungan wisman disebabkan pemerintah baru berencana membuka gerbang internasional pada Juli mendatang. Pembukaan gerbang wiman dijalankan melalui skema travel bubble dengan beberapa negara meliputi Uni Emirat Arab, Qatar, Tiongkok, Singapura, serta Belanda.

Keputusan untuk kembali menerima kunjungan wisman juga harus dipersiapkan melalui beberapa hal. "Di antaranya meningkatkan jumlah pengetesan spesimen COVID-19, mempercepat program vaksinasi, dan menekan angka kasus aktif COVID-19," kata Sandiaga.

Baca Juga: [WANSUS] Quick Wins Sandiaga Uno Perangi COVID untuk Buka Pariwisata

3. Kunjungan wisman anjlok saat pandemik

Sandiaga Bidik Turis Asing yang Banyak Belanja untuk Pulihkan EkonomiIDN Times/Imam Rosidin

Selama satu tahun pandemik berlangsung, ujarnya, pemerintah telah menghentikan pergerakan wisman masuk ke Indonesia. Kondisi ini membuat angka wisman anjlok menjadi 4 juta kunjungan per 2020 atau turun sekitar empat kali lipat dari 2019.

“Dalam satu tahun, dunia usaha di pariwisata dan ekonomi kreatif dalam keadaan sangat terpuruk. Jadi bagaimana kami memberikan sinyal yang jelas adalah angka COVID-19 turun, syarat protokol kesehatan dilakukan disiplin, dan vaksinasi,” kata dia.

Baca Juga: Sambut Wisatawan Asing, RI Sepakati Travel Bubble dengan 4 Negara

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya