Comscore Tracker

Survei Alvara: Millennial Pilih Go-Jek Ketimbang Grab

70,4 persen responden memilih Go-Jek

Jakarta, IDN Times - Survei Alvara Research Center menyatakan para millennial cenderung memilih layanan Go-Jek ketimbang Grab. Mereka meminati layanan digital atau e-commerce buatan negeri sendiri. 

Go-Jek, perusahaan teknologi asal Indonesia, menguasai tiga dari lima kategori mobile e-commerce yang paling diminati para milenial yaitu transportasi, pesan antar makanan dan pembayaran. Sementara, Traveloka memimpin di kategori pemesanan hotel dan tiket.

"Sayangnya, untuk kategori aplikasi belanja (shopping application) masih dikuasai oleh pemain asing," ungkap CEO dan Founder Alvara Research Hassanudin Ali.

1. 70,4 persen responden memilih Go-Jek

Survei Alvara: Millennial Pilih Go-Jek Ketimbang GrabIDN Times/Istimewa

Hassanudin menjelaskan, Go-Jek lebih banyak digunakan oleh 70,4 persen responden dibanding Grab 45,7 persen. Dalam riset tersebut, responden dapat memilih lebih dari satu aplikasi. Menurut dia, minat konsumen terhadap Go-Jek berkaitan dengan kualitas layanan yakni mudah digunakan (13,9 persen), lebih cepat (11,2 persen), dan aplikasi termurah (8,8 persen).

"Kalau Grab diasosiasikan dengan harga murah dan promo yang tercermin oleh persepsi aplikasi termurah (13,3 persen), promosi banyak (12,1 persen), dan mudah digunakan (11,7 persen)," ungkapnya.

2. Go-Jek dinilai lebih bisa diandalkan

Survei Alvara: Millennial Pilih Go-Jek Ketimbang GrabIDN Times/Istimewa

Mayoritas responden yang menggunakan kedua aplikasi (dual user) menilai Go-Jek lebih bisa diandalkan dan lebih lengkap. Dari seluruh responden, konsumen lebih banyak merekomendasikan Go-Jek daripada kompetitornya, Grab.

"Skor net promoter (NPS) sebesar 18,9," jelasnya.

3. Ekonomi digital paling besar dikonsumsi millennial

Survei Alvara: Millennial Pilih Go-Jek Ketimbang GrabIDN Times/Indiana Malia

Hassanudin menjelaskan, perkembangan ekonomi digital di Indonesia didorong paling besar oleh konsumsi para millennial. Sesuai riset bersama IDN Research Institute dan Alvara di awal tahun 2019, kelompok millennial Indonesia merupakan digital natives. Sebab, 98,2 persen telah memakai smartphone untuk mengakses internet.

"Mereka memiliki intensitas penggunaan smartphone yang tinggi hingga 6 jam per hari untuk menjalankan aktivitas chatting/messaging, jejaring sosial, hingga pembelian layanan jasa dan barang secara online," kata Hassanudin.

Baca Juga: Cek Aplikasi Anda, Go-Jek Beri Promo Ini hingga 14 Juli  

4. Penelitian Alvara melibatkan 1.204 responden

Survei Alvara: Millennial Pilih Go-Jek Ketimbang GrabIDN Times/Indiana Malia

Penelitian dilakukan Alvara melalui survei tatap muka dengan metode cluster random sampling terhadap 1.204 responden di Jabodetabek, Bali, Padang, Yogyakarta, dan Manado. Penelitian dilakukan dari minggu pertama April sampai dengan minggu kedua Juni 2019, meliputi tahap pengambilan data lapangan (survei tatap muka), analisa data dan penulisan laporan. Nilai margin of error penelitian berada di kisaran 2,89 persen.

Penelitian tersebut bertujuan mengetahui kebiasaan dan perilaku konsumen milenial dalam menggunakan mobile e-commerce application, baik buatan Indonesia maupun asing. Parameter yang diukur adalah brand awareness, perilaku dan kebiasaan konsumen, serta tingkat kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Tak Cuma Layanan Antar Makanan, Go-Jek Juga Kuasai Pembayaran Digital 

Topic:

  • Indiana Malia
  • Anata Siregar

Just For You