Comscore Tracker

Tanda-tanda Keuangan Enggak Sehat, Waspadai 5 Hal Ini 

Segera lakukan evaluasi, ya!

Jakarta, IDN Times - Masalah keuangan dalam sebuah rumah tangga memang kompleks. Tidak hanya tentang perbedaan penghasilan antarpasangan, melainkan juga terkait pengelolaan keuangan.

Kalau kamu salah kelola, bisa-bisa terlilit masalah berkepanjangan. Sebelum terlambat, mari kita kenali beberapa indikasi keuangan yang kurang sehat. Selanjutnya, kamu bisa melakukan evaluasi kesehatan keuangan keluarga.

Baca Juga: Keuangan Membengkak saat Puasa? Coba 5 Tips Keuangan Ini 

1. Cek saldo dana tunai, cukup buat keperluan darurat enggak?

Tanda-tanda Keuangan Enggak Sehat, Waspadai 5 Hal Ini Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso menunjukkan uang kartal baru seusai seusai meluncurkan program penukaran uang Rupiah untuk momen Ramadan dan Idul Fitri di Kantor Perwakilan BI Jateng, Rabu (21/4/2021). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Dilansir dari laman Zap Finance, segera cek saldo dana tunai yang kamu miliki. Apakah dana tersebut dapat menjadi solusi saat adanya kebutuhan mendadak?

Jika tidak, ini menjadi tanda bahwa evaluasi keuangan perlu dilakukan karena minimnya dana darurat yang dimiliki. Idealnya, seseorang menyisihkan dana darurat sebesar 3 hingga 12 kali pengeluaran rutin bulanan untuk mengantisipasi kondisi tak terduga di kemudian hari.

2. Duh, gaji bulanan habis sebelum akhir bulan!

Tanda-tanda Keuangan Enggak Sehat, Waspadai 5 Hal Ini Ilustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Waspadai bila penghasilanmu sering habis terpakai sebelum akhir bulan. Itu artinya kamu tidak punya sisa uang untuk menabung dan berinvestasi.

Coba periksa kembali perilaku belanja selama ini. Idealnya, 10 persen dari gaji bulanan harus mampu disisihkan untuk tabungan dan investasi keluarga. Yuk, kurangi belanja hal yang enggak perlu!

3. Bayar minimum cicilan kartu kredit

Tanda-tanda Keuangan Enggak Sehat, Waspadai 5 Hal Ini Ilustrasi Kartu Kredit (IDN TImes/Umi Kalsum)

Cicilan pinjaman seharusnya hanya menggunakan alokasi 30 persen dari penghasilan bulanan yang diterima. Pembayaran utang ini tidak hanya untuk kartu kredit, melainkan juga untuk semua pinjaman yang mungkin dimiliki.

Apabila saldo utang kartu kreditmu membengkak, ini jadi indikasi bahwa keluarga memiliki gaya hidup di atas kemampuan keuangan.

4. Gali lubang tutup lubang, duh bikin pusing!

Tanda-tanda Keuangan Enggak Sehat, Waspadai 5 Hal Ini Ilustrasi utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Apabila biaya hidup bulanan sebagian diperoleh dari hasil berutang, segera benahi ya. Sebab, semakin besar ketergantungan keluarga terhadap kredit, itu berisiko tinggi terjadinya kebangkrutan. Yuk selamatkan asetmu!

5. Penghasilan berubah drastis

Tanda-tanda Keuangan Enggak Sehat, Waspadai 5 Hal Ini Ilustrasi Pengangguran akibat terkena PHK (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam kondisi perekonomian yang sulit, pemutusan hubungan kerja (PHK) menimpa beberapa rumah tangga. Kalau hal ini juga terjadi pada keluargamu, evaluasilah keuangan. Dua fokus utama yang perlu diperhatikan adalah pelunasan utang dan penyesuaian pengeluaran.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan agar Tetap Hemat saat Lebaran

Topic:

  • Indiana Malia
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya