Comscore Tracker

Tesla Dikabarkan Pindah Haluan ke India, Ini Kata Kepala BKPM 

Proses negosiasi dengan Tesla masih berjalan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah masih berupaya menarik perusahaan mobil listrtik Tesla untuk berinvestasi di Indonesia. Tesla dikabarkan batal berinvestasi lantaran kepincut menanamkan modalnya di India. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, proses komunikasi sejak awal dilakukan oleh Kemenko Maritim dan Investasi.

"Kami (BKPM) di belakangnya. Untuk itu, saya akan coba komunikasi dengan Pak Menko informasinya sudah sejauh apa. Namun, saya ingin menyampaikan, ini kan masih nego. Kalau hengkang itu kan sudah datang baru pergi, ini kan masih proses," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Bukan di Indonesia, Tesla Pilih Bikin Pabrik Mobil Listrik di India

1. Proses negosiasi dengan Tesla masih berjalan

Tesla Dikabarkan Pindah Haluan ke India, Ini Kata Kepala BKPM tesla.com

Menurut Bahlil, pasang surut dalam bernegosiasi adalah hal biasa. Hingga saat ini, proses negosiasi dengan Tesla masih berjalan. "Dunia belum berakhir. Jangan pesimis, barang ini masih jalan terus," ungkap Bahlil.

Bahlil mengatakan, negosiasi yang alot juga pernah terjadi dengan LG Energy Solutition Ltd. Namun, pada akhirnya LG membangun industri baterai dengan nilai investasi 9,8 miloar dolar AS.

"Jadi doakan saja lah yang terbaik. Saya yakin Undang-Udang Cipta Kerja ini akan melahirkan iklim investasi yang lebih baik bagi pengembangan usaha kita," katanya.

2. Ada calon investor selain Tesla

Tesla Dikabarkan Pindah Haluan ke India, Ini Kata Kepala BKPM IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Namun demikian, Bahlil tak menampik ada calon investor lain selain Tesla. Namun, ia enggan menyebut lantaran masih dalam proses penjajakan.

"Tapi kalau ditanya apakah ada (selain Tesla), ya, ada. Tetapi kalau ditanya yang mana, karena ini masih komunikasi awal, ada norma-norma kesepakatan yang harus dipatuhi. Jadi mohon maaf dengan segala hormat belum dapat kami sampaikan," ujar Bahlil.

3. Tesla akan bangun pabrik di India

Tesla Dikabarkan Pindah Haluan ke India, Ini Kata Kepala BKPM Warga dari komunitas nelayan berjalan dalam sebuah prosesi untuk Narali Purnima atau festival kelapa di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di Mumbai, India, Senin (3/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Francis Mascarenhas)

Tesla Inc milik Miliarder Elon Musk akan mendirikan unit manufaktur mobil listrik di negara bagian Karnataka, India selatan. Pernyataan itu merupakan isi dari dokumen pemerintah yang membahas soal anggaran India untuk rakyatnya. Dokumen itu dilihat oleh Reuters pada 13 Februari lalu, sebagaimana dilaporkan CNBC.

“Perusahaan Amerika Serikat (AS) Tesla akan membuka unit manufaktur mobil listrik di Karnataka,” kata pemerintah negara bagian India dalam sebuah pernyataan singkat.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya