Comscore Tracker

Teten Masduki Pastikan di 2020 Indonesia Tidak Impor Cangkul!

UMKM mampu memproduksi 10 juta cangkul

Jakarta, IDN Times - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, memastikan tahun depan tak ada lagi impor cangkul. Menurut Teten, pemerintah telah berkoordinasi dengan pengrajin logam di berbagai daerah, terutama di Pulau Jawa.

"Kami juga sudah menghubungkan dengan bahan baku Krakatau Steel. Intinya sebenarnya kami sanggup membuat cangkul sesuai dengan kebutuhan dalam negeri," ujar Teten saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12).

1. Kebutuhan cangkul masih bisa dipenuhi oleh pengrajin

Teten Masduki Pastikan di 2020 Indonesia Tidak Impor Cangkul!IDN Times/Aji

Teten menjelaskan, kebutuhan cangkul berdasarkan data Kemenperin sebanyak 10 juta cangkul. Selain itu, dibutuhkan juga alat pertanian sederhana yang diperlukan di perkebunan hutan tanaman industri (HTI) dan PTP Nusantara.

"Sebenarnya kita sudah siap produksi. Pembiayaan sudah siap, BRI juga sudah oke. Mau membiayai pengrajin logam, ada yang masih peralatan sederana tapi ada juga permesinan modern, jadi tidak kalah kualitasnya," ujar dia.

Baca Juga: Presiden Malu Impor Cangkul, Pengamat: Tamparan Keras untuk Airlangga

2. UMKM mampu memproduksi 10 juta cangkul

Teten Masduki Pastikan di 2020 Indonesia Tidak Impor Cangkul!(Ilustrasi cangkul) ANTARA FOTO/Anies Efzudin

Menurut Teten, selama ini industri kecil dan UMKM mampu memproduksi sekitar 3 juta cangkul. Namun, setelah diinventarisasi lagi kemampuan produksi bisa mencapai 10 juta.

"Jawa Barat bisa 4 juta, Jateng 3 juta, Jatim 3 juta. Persoalannya sekarang adalah ini tidak terhubung, tidak terkoneksi dengan bahan baku karena pengrajinnya menyebar. Kemarin sudah dibicarakan bagaimana distribusi bahan bakunya. Kalau pembiayaan gak sulit karena market-nya ada BRI mau biayai," jelas Teten.

3. Jokowi kritik masih ada impor cangkul

Teten Masduki Pastikan di 2020 Indonesia Tidak Impor Cangkul!Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 13 Desember 2019 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengkritik pengadaan cangkul oleh kementerian/lembaga yang didapatkan melalui impor.

"Apakah negara kita yang sebesar ini industrinya untuk pacul atau cangkul harus impor? Tolong didesain, ini baru satu barang. Barang lain masih ribuan," katanya di JCC Senayan, Jakarta, Rabu 6 November 2019.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Menkop UKM: Cangkul Lokal Lebih Berkualitas Ketimbang Cangkul Impor

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya