Comscore Tracker

Transaksi COD Naik 68 Persen Saat Pandemik COVID-19, Jabar Tertinggi

COD tertinggi di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur

Jakarta, IDN Times - Transaksi cash on delivery (COD) meningkat selama pandemik COVID-19. Head of Business Development TokoTalk, Kemas Antonius, menjelaskan terjadi peningkatan COD sebesar 69 persen pada periode Juni-Juli 2020.

“Dari data yang kami analisis, layanan COD sangat populer di daerah-daerah yang memiliki kasus COVID-19 tertinggi dan mengalami masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) paling panjang, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” jelas Kemas dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (31/7/2020).

1. Transaksi COD tertinggi di Jawa Barat sebesar 37,09 persen

Transaksi COD Naik 68 Persen Saat Pandemik COVID-19, Jabar TertinggiIlustrasi Belanja Online (IDN Times/Meiska Irena)

Kemas mengatakan Jawa Barat merupakan daerah dengan transaksi COD tertinggi, yaitu 37,09 persen. Disusul oleh DKI Jakarta 31,24 persen dan Jawa Timur 11,05 persen. Sementara, kota dengan transaksi COD terbesar jatuh pada Bekasi, yaitu 7,05 persen.

Pada laporan bertajuk Statistik E-Commerce 2019 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), terungkap metode pembayaran yang paling banyak disediakan di platform online adalah COD, yaitu 83,73 persen.

"Ini membuktikan bahwa COD merupakan layanan yang sangat diminati dan memiliki nilai jual tersendiri bagi platform e-commerce," kata dia.

2. TokoTalk turut menghadirkan layanan COD

Transaksi COD Naik 68 Persen Saat Pandemik COVID-19, Jabar TertinggiDok.IDN Times/TokoTalk

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, startup website builder TokoTalk juga menghadirkan layanan COD. TokoTalk bekerja sama dalam pengelolaan order dan pengiriman barang dengan jasa ekspedisi SiCepat dan SAP Express.

“Partner UKM TokoTalk bisa memesan kurir untuk layanan COD dari dashboard TokoTalk, dan dana penjualan dapat cair H+1 sangat membantu mereka untuk mempercepat perputaran bisnis mereka terutama di masa pandemi,” kata Kemas.

3. UKM Terminal Grosir terbantu dengan layanan COD

Transaksi COD Naik 68 Persen Saat Pandemik COVID-19, Jabar TertinggiIlustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

William, pemilik UKM Terminal Grosir yang menjual produk-produk fashion mengungkapkan dirinya sangat terbantu dengan pembayaran COD. William mengatakan, biasanya calon pembeli baru sering kali ragu-ragu bertransaksi karena belum mengenal Terminal Grosir.

"Fitur COD bisa menjembatani keraguan pembeli dan membantu kami berjualan," kata William.

 

Baca Juga: Bandar Sabu di Palembang Tertangkap Saat COD

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya