Comscore Tracker

Xendit Beri Pembebasan Biaya Rp1 M UMKM Terpilih, Ini Cara Daftarnya

Xendit LEVEL UP Program terbuka bagi 1.000 UMKM

Jakarta, IDN Times - Xendit, salah satu perusahaan teknologi finansial penyedia solusi pembayaran memberikan pembebasan biaya senilai 1 miliar rupiah kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terpilih. Hal itu dilakukan melalui program Xendit Level Up Program.

Dengan pembebasan biaya tersebut, UMKM terpilih dapat menggunakan layanan payment gateway Xendit tanpa mengeluarkan biaya. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung dan memberdayakan para wirausahawan serta pelaku bisnis di Indonesia dan Filipina, untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis mereka sembari mengadopsi transaksi digital.

“Selama pandemik, kami telah melihat angka wirausahawan dan pelaku UMKM terus meningkat pesat, serta adanya pergeseran menuju platform dan pembayaran digital. Masyarakat Indonesia kini memiliki berbagai pilihan metode pembayaran, dan UMKM harus dapat memfasilitasi hal tersebut," kata Moses Lo, CEO and Co-Founder of Xendit dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021).

Melalui pembebasan biaya tersebut, kata Moses Lo, para pelaku UMKM tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya dan komisi. Mereka dapat fokus untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Baca Juga: 5 Hal Sulit yang Harus Konsisten Dilakukan agar Bisa Sukses Finansial

1. UMKM menyumbang 60 persen PDB

Xendit Beri Pembebasan Biaya Rp1 M UMKM Terpilih, Ini Cara DaftarnyaIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Menurut Moses Lo, UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, terutama untuk mendorong pemulihan ekonomi pasca-pandemik. UMKM merupakan penyumbang terbesar produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar lebih dari 60 persen, dan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja di Indonesia.

Selama pandemik, sebagian besar UMKM mulai berpindah ke platform online, seiring dengan meningkatnya jumlah konsumen yang berbelanja secara daring. Menurut data Bank Indonesia, transaksi pembayaran digital juga meningkat 37,8 persen selama pandemik.

"Oleh sebab itu, semakin penting bagi para pelaku bisnis untuk memfasilitasi konsumen mereka dengan layanan digital payment gateway," ungkapnya.

2. Xendit Level Up Program terbuka bagi 1.000 UMKM

Xendit Beri Pembebasan Biaya Rp1 M UMKM Terpilih, Ini Cara DaftarnyaIlustrasi UMKM: Perajin ulos di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebagai penyedia layanan payment gateway, lanjut Moses Lo, Xendit memperjuangkan pertumbuhan dan kesuksesan UMKM Indonesia. Hal itu dilakukan dengan terus membangun infrastruktur pembayaran digital yang aman, andal, dan mudah diakses.

"Xendit Level Up Program terbuka bagi 1.000 UMKM dan bisnis di Indonesia dari berbagai sektor dan bidang, dengan syarat sudah beroperasi lebih dari tiga bulan," kata dia.

3. Tahapan pendaftaran Xendit Level Up

Xendit Beri Pembebasan Biaya Rp1 M UMKM Terpilih, Ini Cara DaftarnyaIlustrasi UMKM/Dok. BRI

Pendaftaran untuk Xendit Level Up Program kini secara resmi sudah dibuka. Berikut adalah tahapan untuk berpartisipasi dalam Business Pitch Challenge:

Business Pitch Challenge ditujukan bagi UMKM di industri ritel, e-commerce, dan jasa. Pendaftaran akan dibuka mulai 23 April hingga 30 Juni 2021. Para pendaftar harus membuat video berdurasi 3 menit yang menjelaskan model bisnis dan mengapa mereka layak mengikuti program ini. Kemudian, mengunggah video tersebut di YouTube menggunakan tagar #WaktuIndonesiaBerbisnis. Terakhir, mengirimkan tautan video dengan mengisi formulir pendaftaran.

The Accelerator Program ditujukan bagi UMKM di industri startup dan teknologi. Pendaftaran akan dibuka pada pertengahan Juli 2021. Informasi lebih lanjut akan diumumkan secara terpisah.

Beroperasi sebagai payment gateway sejak 2016, Xendit telah melayani lebih dari 2.000 pelanggan dari berbagai industri, mulai dari retail, fashion, industri finansial hingga perusahaan penyedia produk digital. Xendit juga telah memfasilitasi total 65 juta transaksi pembayaran.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Kontrol Finansial yang Baik, Harus Dipertahankan!

Topic:

  • Indiana Malia
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya