Comscore Tracker

Yuk, Kerjakan 4 Macam Sedekah Biar Hidup Makin Berkah 

Senyum pun juga bagian dari sedekah lho!

Jakarta, IDN Times - Pemberian sedekah kerap diidentikkan dengan pemberian barang berharga berupa uang atau perhiasan. Namun, sedekah juga bisa berwujud sebidang tanah untuk digunakan demi kepentingan umum.

Selaras dengan pengertian sedekah, niat seseorang untuk memberikannya pun tidak dibatasi oleh kualitas tertentu. Penerapannya tidak terikat oleh aturan wujud dan kuantitas yang mau diberikan.

Meski begitu, harta bukanlah satu-satunya yang bisa dijadikan objek sedekah karena masih ada macam-macam lainnya yang dianjurkan untuk diberikan secara cuma-cuma. Dilansir dari Lifepal.co.id, ada 4 macam sedekah yang bisa kamu terapkan. Simak, ya!

Baca Juga: Ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

1. Sedekah barang layak pakai dan layak guna

Yuk, Kerjakan 4 Macam Sedekah Biar Hidup Makin Berkah Penyaluran bansos (Dok. Kemenko PMK)

Bila dikaitkan dengan sedekah, barang adalah sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan masih dalam keadaan layak guna. Misalnya, memberikan pakaian dan sarung layak pakai atau makanan yang bergizi dan praktis untuk korban bencana alam.

Selain itu, tidak ada salahnya juga kalau kamu ingin menyedekahkan suatu barang karena alasan sudah memenuhi rumah atau memang punya niat untuk dibuang. Hanya saja, utamakan untuk memberikan barang-barang ini kepada pihak yang benar-benar membutuhkannya.

Pemberian barang sedekah menjadi jauh lebih bermanfaat jika didasari oleh kondisi yang tepat sasaran. Jadi, kita memberikan sesuatu yang semata-mata kita sudah tidak butuhkan kepada pihak yang sedang membutuhkannya.

2. Sedekah tenaga

Yuk, Kerjakan 4 Macam Sedekah Biar Hidup Makin Berkah Ilustrasi gotong royong membangun masjid. (Dok. IDN Times/Masjid Nusantara)

Sedekah tenaga bisa berupa kerja bakti di lingkungan rumah atau membersihkan lingkungan tempat ibadah. Perbuatan ini tidak harus dilakukan di tempat-tempat khusus yang berkaitan dengan salah satu agama saja, tetapi bisa antaragama, antarsuku, dan bahkan antarbangsa.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Infaq dan Sedekah

3. Sedekah senyuman dan nasihat

Yuk, Kerjakan 4 Macam Sedekah Biar Hidup Makin Berkah https://www.pexels.com/id-id/@olly

Dalam satu riwayat disebutkan bahwa senyuman kepada sesama muslim sudah dianggap sedekah. Nasihat yang baik juga dianggap sedekah. Kita bisa melakukan beberapa hal, misalnya membantu mendamaikan orang lain, menjenguk orang sakit, serta melakukan amalan-amalan yang membuat orang merasa terbantu dan senang.

4. Mengucapkan tasbih, tahlil, dan tahmid

Yuk, Kerjakan 4 Macam Sedekah Biar Hidup Makin Berkah Ilustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Mengucapkan zikir juga termasuk sedekah lho. Ucapan zikir pun ada banyak, di antaranya tahmid, tahlil, takbir, tasbih, dan istighfar.

Dalam hadits riwayat Muslim, Aisyah r.a berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Bahwasanya diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalanan, amar ma’ruf nahi mungkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian. Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka.”

Baca Juga: Cek! Apa Kamu Sudah Penuhi Syarat Wajib Zakat Mal alias Zakat Harta?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya