Comscore Tracker

5 Cara Bikin Usaha Kecil dengan Merek Baru Cepat Dikenal

Famous butuh upaya

Bisa mendirikan sebuah usaha merupakan keinginan banyak orang. Apalagi jika bisa membuat usaha yang mereknya adalah milik pribadi dan bukan sekadar menjual produk dari produsen lain. Bagi kamu yang baru memulai usaha dan walau usahamu masih kecil, mungkin juga ingin membuat merek sendiri. Tentu saja itu sangat mungkin untuk dilakukan.

Menjalankan usaha kecil dengan merek sendiri bukanlah perkara yang mudah. Merek baru tentu harus dipromosikan agar masyarakat mengetahuinya. Merek juga memerlukan upaya yang keras agar lebih dikenal masyarakat. Berikut beberapa cara bikin usaha kecil dengan merek baru cepat dikenal yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih nama yang mudah diingat

5 Cara Bikin Usaha Kecil dengan Merek Baru Cepat Dikenalilustrasi nama (pexels.com/George Becker)

Nama yang rumit tentu akan menyulitkan orang untuk mengingatnya. Pemilihan nama merek memang perlu dipikirkan baik-baik. Walau memang akan bagus jika nama yang dibuat memiliki arti dan makna khusus.

Namun pikirkan pula dari sisi konsumen agar tak membuat mereka malas mengingat nama yang susah lalu kemudian memilih melupakan merek kamu. Upayakan nama merek sederhana, unik, dan mudah dilafalkan.

2. Rajin ikut pameran

5 Cara Bikin Usaha Kecil dengan Merek Baru Cepat Dikenalilustrasi bazar (pexels.com/ Quang Nguyen Vinh)

Cari tahu informasi pameran, event atau pun bazar yang diselenggarakan di kotamu. Kamu bisa memanfaatkan event tersebut untuk memperkenalkan merek produk milikmu.

Jika kamu mencari event atau pameran yang berbiaya murah, kamu bisa mencari yang diselenggarakan oleh pemerintah atau unit CSR (Corporate Social Responsibility) sebuah perusahaan. Bahkan kadang-kadang ada yang gratis, tetapi jumlahnya terbatas. Kamu harus cukup sering bertanya dan mengikuti informasi dari berbagai sumber serta bisa bersaing dengan orang lain.

Jika belum berhasil mendapatkan yang gratis dan harga sewa stan cukup mahal untukmu, kamu bisa mencari partner yang bisa diajak bergabung. Tentu saja kamu harus menanyakan terlebih dahulu ketentuan yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Ada beberapa penyelenggara yang memberlakukan satu stan hanya untuk satu merek atau perusahaan.

3. Menjadi sponsor

5 Cara Bikin Usaha Kecil dengan Merek Baru Cepat Dikenalilustrasi leaflet sponsor (pexels.com/ Roman Odintsov)

Bukan hanya perusahaan besar yang bisa menjadi sponsor. Usaha kecil kamu pun bisa, tentu saja kamu harus menyesuaikan diri dengan skala event yang kamu ikuti. Jangan salah, event kecil belum tentu tidak efektif. Justru kalau tepat sasaran, merek kamu akan lebih mudah dikenal dan tersebar dari mulut ke mulut.

Sebelum mengajukan diri sebagai sponsor suatu acara, pelajari dulu reputasi pelaksana acara. Perhitungkan juga seberapa luas jangkauan acara terhadap konsumen yang menjadi sasaran kamu.

Cermati juga seberapa efektif event tersebut memberi peluang merek kamu untuk dikenal. Misalnya saja apakah merek kamu akan mudah terlihat di spanduk, baliho dan media promosi lainnya yang mereka buat dalam mengumumkan event ke khalayak ramai.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Dekat Kampus, Bisa Jadi Tambang Cuan

4. Bangun engagement

5 Cara Bikin Usaha Kecil dengan Merek Baru Cepat Dikenalilustrasi media sosial (pexels.com/Cotttonbro)

Ini bisa dilakukan melalui media sosial. Buatlah konten-konten menarik yang berhubungan dengan merek kamu. Namun jangan setiap posting berisi promosi produk kamu saja. Buatlah media sosial sebagai sarana menjalin hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Kamu bisa membuat konten seputar tips, quiz atau berbagi informasi yang berguna bagi pemirsa. Walau terkesan seperti tak ada hubungannya dengan usaha penjualan produk kamu, tetapi keterikatan secara emosional akan banyak memengaruhi keputusan seseorang untuk membeli sebuah produk.

Jika sudah cukup banyak orang yang tertarik, kamu bahkan bisa membuat komunitas dengan merek kamu sebagai namanya dan menambahkan fans di belakang nama merek kamu. Nah, keren 'kan?

5. Pasang iklan

5 Cara Bikin Usaha Kecil dengan Merek Baru Cepat Dikenalilustrasi iklan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tak ada salahnya memasang iklan agar merek kamu bisa lebih dikenal. Ini memang membutuhkan biaya, tetapi sepadan dengan hasilnya. Tentu saja kamu perlu berhati-hati memilih jenis iklan dan reputasi perusahaan periklanan.

Jenis iklan yang tepat diharapkan dapat menggapai target yang lebih terarah. Kamu bisa memilih memasang iklan berbentuk fisik seperti banner, spanduk dan sejenisnya, atau beriklan melalui media promosi digital atau pun media sosial. 

Walau biaya iklan bisa saja terhitung besar, tetapi jika merek kamu sudah cukup terkenal dan penjualan meningkat, biaya iklan dapat tercukupi. Namun ini juga perlu dievaluasi efektivitasnya setiap jangka waktu tertentu agar kamu tak membuang sia-sia dana untuk biaya iklan.

Nah, itu tadi lima cara bikin usaha kecil dengan merek terbaru cepat dikenal. Dengan lima cara di atas, merek kamu yang tadinya sama sekali tak terdengar, pelan-pelan akan mulai dikenal. Dan jika kamu konsisten dengan usaha yang dijalani, bukan tak mungkin kamu akan mempunyai pelanggan setia yang akan selalu memilih produk milikmu.

Baca Juga: 5 Faktor yang Sebabkan Sebuah Usaha Sulit Berkembang, Awas Rugi!

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya