Comscore Tracker

Kisah Mar'ie Muhammad Ditolak Masuk Istana Karena Kijang Bututnya 

Mar'ie dijuluki Mr Clean, menteri keuangan era Orde Baru

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keuangan merilis video yang mengangkat sosok legendaris, Mar'ie Muhammad. Salah satu kisah yang diangkat adalah saat Mar'ie sempat ditolak petugas masuk Istana Negara gara-gara mengendarai Kijang butut.  

Video Film Dokumenter Mar'ie Muhammad itu berdurasi 5 menit 44 detik dan diunggah di akun Menteri Keuangan Sri Mulyani yang terverifikasi pada 16 September lalu.  
 

1. Mr Clean yang ditolak masuk Istana Negara gara-gara kendarai Kijang jadul

Kisah Mar'ie Muhammad Ditolak Masuk Istana Karena Kijang Bututnya Ilustrasi mobil Kijang (Toyota Astra Motor)

Karena kesederhanaan dan kejujurannya, menteri keuangan era Orde Baru itu dijuluki Mr Clean.  

Nah, suatu ketika Mar'ie mendapat penghargaan Bintang Mahaputra. Diapun berangkat ke Istana Negara untuk menerima penghargaan itu.  

Anak Mar'ie, Rahmasari Muhammad mengisahkan ayahnya sempat dicegat di pintu masuk Istana Negara.  "Mungkin karena mobilnya terlalu jelek. Dia naik Kijang zaman dulu, jadul," kata Rahmasari dalam video tersebut.  

Mar'ie sampai harus membuka pintu dan menunjukkan wajahnya kepada petugas penjaga gerbang istana. "Terus dia bilang, 'Saya Mar'ie Muhammad. Saya mau terima penghargaan,'" cerita Rahmasari.  

Setelah itu, Mar'ie pun baru dipersilakan masuk.  

2. Sri Mulyani: Bagi saya, Mar'ie itu legenda

Kisah Mar'ie Muhammad Ditolak Masuk Istana Karena Kijang Bututnya Humas Setkab/Rahmat

Dalam video itu, Menkeu Sri Mulyani ikut angkat suara dan memberi pandangan mengenai sosok Mar'ie Muhammad. Di mata Sri Mulyani, Mar'ie adalah legenda. 

"Karena dia menjadi Dirjen Pajak di masa di mana Indonesia masih sangat tidak terbuka," kata Sri Mulyani. Kala itu, imbuhnya, KKN masih masif dan meluas sehingga upaya membersihkan institusi dianggap suatu kemustahilan. 

"Dengan adanya tokoh seperti Mar'ie, kita bisa mengatakan: tidak ada yang tidak mungkin. kalau kita mau, kita pasti bisa mulai dari any start," ungkap Menkeu.  

3. Lihat videonya

Mar'ie lahir pada  Surabaya, 3 April 1939. Tahun 1988, Mar'ie dipercaya menduduki jabatan Dirjen Pajak. Banyak terobosan yang dia lakukan. Salah satu yang paling dikenang adalah keberaniannya menghitung pajak presiden--yang kala itu dijabat Soeharto-- secara langsung.

Kemudian tahun 1993, Mar'ie diangkat menjadi menteri keuangan. 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You