Comscore Tracker

Rintis Bisnis, Gibran Rakabuming Tak pernah Bawa Nama Besar Jokowi

Jokowi: di bidang usaha, mereka lebih sukses dari saya

Bogor, IDN Times - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka memiliki usaha kuliner. Dalam merintis usahanya itu, Gibran mengaku tak pernah memakai dan membawa nama besar ayahnya, Presiden "Jokowi" Joko Widodo. 

Salah satu buktinya, anak-anak Jokowi tak ada yang menggunakan nama ayah mereka.

1. Sejak dulu, tidak ada embel-embel "Widodo" atau "Jokowi" di belakang nama

Rintis Bisnis, Gibran Rakabuming Tak pernah Bawa Nama Besar JokowiInstagram/chillipari

Gibran bersama istri Selvi Ananda beserta anak mereka, Jan Ethes Sri Narendra, hadir dalam bincang santai keluarga Presiden Jokowi di Restoran Grand Garden Kompleks Kebun Raya Bogor, Sabtu (8/12).

"Dari dulu kan anak-anak Bapak enggak ada yang pakai nama belakang. Jadi saya Gibran Rakabuming, Kaesang juga Kaesang Pangarep bukan Kaesang Widodo atau Kaesang Jokowi," kata Gibran, seperti dikutip dari Antara. 

2. Selama merintis dua usaha kuliner, Gibran mengaku selalu dituntut untuk membangun eksistensi dirinya sendiri

Rintis Bisnis, Gibran Rakabuming Tak pernah Bawa Nama Besar JokowiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Saat ini, Gibran diketahui sudah mendirikan tiga usaha kuliner, yaitu jasa boga Chili Pari, Markobar, dan terbaru minuman Goola. Selama merintis usaha-usaha itu, dia mengaku selalu dituntut untuk membangun eksistensi dirinya sendiri.

"Kita ini dituntut untuk menanggung nama sendiri, saya sebagai Gibran," katanya. 

Baca Juga: Goola, Minuman Kekinian dari Gibran Anak Jokowi

3. Bisnis Gibran dan Kaesang bisa sebesar sekarang bukan karena nama orangtua

Sepanjang menjalani usaha, Gibran mengaku dia dan saudaranya selalu menonjolkan nama sendiri-sendiri. "Kalau nanti secara bisnis atau politik tetap kebawa nama Bapak ya rezeki," imbuhnya. 

Namun ia menegaskan bahwa bisnis yang dirintisnya maupun bisnis adiknya, Kaesang Pangarep, bisa besar dan sukses bukan karena menggunakan embel-embel nama besar Jokowi.

"Kita berdua membesarkan nama kami sendiri tanpa embel-embel orangtua meski orang pasti mengaitkan hal itu. Tapi itu kami anggap sebagai bonus. Kami berdua tetap kerja keras," katanya.

Baca Juga: Intip Bisnis yang Jadi Sumber Kekayaan Anak-anak Jokowi

4. Jokowi: di bidang usaha, mereka lebih sukses dari saya

Rintis Bisnis, Gibran Rakabuming Tak pernah Bawa Nama Besar JokowiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Presiden Jokowi menanggapi hal itu dengan antusias, dan bersyukur bahwa anak-anaknya bisa mandiri dengan usahanya yang semakin berkembang.

Menurut mantan Gubernur DKI itu, anak-anaknya justru lebih sukses dalam dunia usaha ketimbang dirinya sebagai pengusaha meubel.

"Kalau di bidang usaha mereka lebih sukses dari saya. Tapi kalau di bidang politik, saya lebih sukses," kata Presiden sambil tertawa.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You