Comscore Tracker

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!

Yuk dicoba buat nambah pemasukan

Jakarta, IDN Times – Setiap hari, ide bisnis makanan semakin berkembang di pasaran. Ada yang mengikuti tren korea-korean sampai tren makanan dengan berbagai tingkat level kepedasan. Meski begitu, apa pun tren nya, makanan dengan harga murah tetap jadi incaran nomor satu untuk diburu.

Jika kamu ingin mulai membuka usaha namun masih ragu karena tidak memiliki cukup modal, jangan khawatir. Kini dengan modal Rp20 ribu - Rp50 ribu aja kamu udah bisa buka usaha dengan keuntungan  2-3 kali lipat perhari.

IDN Times telah merangkum 14 ide usaha makanan ringan serba Rp1 ribu buat kamu yang uangnya pas-pasan, dikutip dari dosenonline.id. simak ulasannya ya!

Baca Juga: Ide Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba Rp2 Ribu, Gampang Dicoba!

1. Usaha rempeyek

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi rempeyek daun jeruk (yummy.co.id)

Rempeyek merupakan camilan yang disukai semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Makanan tradisional ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan.

Rempeyek memiliki cita rasa yang gurih dan cocok dijadikan sebagai makanan pendamping atau sebagai camilan. Di pasaran, rempeyek biasa dijual seharga Rp1 ribu sampai Rp2 ribu. Ada beberapa jenis rempeyek yang populer di pasaran seperti rempeyek udang rebon, rempeyek kacang tanah, rempeyek kacang kedelai, dan rempeyek daun jeruk.

2. Usaha telur gulung

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi mi telur gulung (yummy.co.id)

Makanan yang satu ini memang sangat cocok dijadikan ide usaha makanan serba Rp1.000. Jajanan ringan ini dapat dengan mudah dijumpai dimanapun, terutama di depan sekolahan atau perkantoran.

Kamu bisa membuat variasi telur gulungmu lebih inovatif untuk mendatangkan pelanggan. Misalnya menambahkan saus khusus atau bumbu tertentu agar rasanya lebih kaya atau mengemasnya dengan unik.

Baca Juga: 12 Ide Usaha Tanaman Hias dengan Peluang Menjanjikan

3. Usaha kerupuk mi

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi merebus mie (pexels.com/Katerina Holmes)

Jajanan satu ini memiliki cita rasa yang unik dengan perpaduan bumbu MSG mi instan dan gurihnya tepung terigu setelah digoreng.

Kamu bisa mencari lokasi yang strategis untuk membuka usaha ini seperti dekat sekolahan atau kampus. Namun jika kamu ingin berjualan di depan rumah juga tidak masalah.

4. Usaha cimol bumbu

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi cimol kopong bumbu (yummy.co.id/Mama Queen)

Salah satu jajanan peracian khas Bandung ini sangat cocok dijadikan ide usaha karena banyak peminatnya. Tekstur kenyalnya yang unik membuat banyak orang ketagihan terhadap makanan ini.

Untuk memulai usaha ini, kamu hanya perlu menyiapkan modal sekitar Rp50 ribu untuk 50 porsi.

Baca Juga: Catat! 9 Kue Kering Ini Cocok Dijadikan Ide Bisnis Kuliner

5. Bisnis keripik pisang

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi keripik pisang (pixabay.com/Anastasia Gepp)

Ide usaha selanjutnya adalah keripik pisang. Keripik pisang digemari karena teksturnya yang renyah serta rasanya yang bervariasi seperti original, asin, dan manis. kamu bisa menambah variasi rasa lain seperti rasa pedas, rasa coklat, stroberi, Oreo, dan matcha.

6. Usaha martabak mini

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi Martabak Manis (pixabay.com/rikirisnandar)

Ide usaha selanjutnya yang juga sangat diminati adalah martabak mini. Jika kamu ingin mencoba usaha ini, modal yang dikeluarkan tidak sebesar modal usaha martabak pada umumnya.

Ada dua varian martabak mini yang bisa kamu jual, yakni martabak manis dan martabak telur. Martabak manis biasanya diberi toping keju, susu, coklat, kacang, dan lainnya. Sementara martabak telur berisi daging cincang dan telur. Jika menurut kamu menggunakan daging memerlukan biaya yang lebih besar, maka kamu bisa menggantinya dengan menggunakan tahu putih.

7. Bisnis stik bawang

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi stik bawang kacang kenari (pexels.com/Glady Francis)

Makanan yang sangat cocok dengan ide bisnis makanan ringan serba Rp1.000 adalah stik bawang. Kamu bisa membuat stik bawang dalam jumlah banyak hanya dengan modal Rp20 ribu.

Baca Juga: 5 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp5 Ribu, Dagang yang Gampang!

8. Usaha cireng aneka rasa

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi cireng mozarella (pixabay.com/Alessandro Piccoli)

Satu lagi makanan peracian yang cocok menjadi ide usaha serba Rp1.000 yaitu cireng. Ada banyak varian cireng yang bisa kamu jadikan ide usaha seperti cireng aneka rasa yang berisi ayam suwir pedas, baso pedas, keju, sosis pedas dan lainnya. Kamu kamu juga bisa menjual cireng bumbu rujak maupun cireng kuah seblak.

9. Usaha donat rumahan

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi donat (unsplash.com/Leon Ephraïm)

Usaha makanan ringan serba Rp1 ribu selanjutnya adalah donat. Kini donat memiliki banyak varian bentuk dan rasa. Misalnya ada donat mini, donat berbentuk huruf, angka, hingga karakter kartun. Selain itu, rasanya juga lebih variatif, seperti oreo, matcha, pisang, kacang, srikaya, dan lain sebagainya.

10. Bisnis otak-otak

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi otak-otak (unsplash.com/Esperanza Doronila)

Otak-otak terbuat dari daging ikan tenggiri yang dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Biasanya otak-otak disajikan dengan saus kacang yang khas. Kamu juga bisa menambahkan aneka saus lainnya sebagai variasi.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadan untuk Mahasiswa

11. Usaha cakwe dan odading

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!Cakwe (freepik.com)

Usaha makanan ringan selanjutnya adalah cakwe. Makanan ringan ini kerap ditemukan sebagai pelengkap bubur atau lauk lainnya. Cakwe juga biasanya dijual bersama dengan odading atau kue bantal.

Biasanya, cakwe disajikan bersama saus kacang, saus cabai, atau saus tomat. satu buah cakwe atau kue bantal biasanya dijual dengan harga Rp500 - Rp1 ribu.

12. Usaha sosis bakar

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi sate sosis bakar (pexels.com/Luis Quintero)

Makanan berbentuk panjang yang terbuat dari daging sapi atau ayam ini sangat digandrungi semua orang dari berbagai usia. Kamu bisa membuka usaha sosis bakar atau sosis goreng dengan baluran telur. Makanan ini biasanya dijual dengan harga Rp1.000 - Rp5 ribu tergantung ukuran sosis yang digunakan.

13. Bisnis tahu bulat

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!Ilustrasi jajanan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Meskipun hanya dijual dengan harga Rp500 - Rp1.000, namun keuntungan yang didapat dari usaha ini per hari bisa mencapai Rp50 ribu hingga Rp200 ribu tergantung skala produksinya.

14. Usaha kue leker atau crepes

14 Ide Usaha Makanan Ringan Serba Rp1.000, Untung Banyak!ilustrasi orange crepes (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Ide terakhir yang bisa kamu coba adalah usaha kue leker atau crepes. Camilan  ini  biasanya dijual dengan harga sekitar Rp1.000 per pcs nya dan disesuaikan dengan toping yang dipakai seperti pisang, matcha, keju, coklat, Oreo, dan lain sebagainya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya